Pantau Pergerakan, BKSDA Pasang 4 Kamera Trap Dekat Sarang Buaya di Agam

Pantau Pergerakan BKSDA Pasang 4 Kamera Trap Dekat Sarang Buaya di Agam Ilustrasi pemasangan camera trap (Foto: KSDAE)

Covesia.com - Guna Memantau Pergerakan buaya (Crocodylus Porosus), Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Resor Agam, Sumatera Barat, akan memasang kamera trap di lokasi sarang buaya di Sungai Batang Masang Kiri, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan.

Unit Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Agam, Ade Putra Mengatakan, Pemasangan kamera dijadwalkan Hari ini, di dekat sarang Buaya Muara sebanyak 4 unit kamera. 

"Sore ini kita berangkat, kita akan memasang kamera disekitar sarangnya dan rencananya akan bermalam di dekat loask kemudian pagi memeriksa hasil rekaman," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Sabtu (9/3/2019).

Dijelaskan Ade, pemantauan tersebut dilakukan setelah ada laporan salah seorang warga diserang saat mencari ikan Rabu lalu.

Saat diserang buaya korban Misrael (35) melakukan  perlawanan dibantu ketiga temannya IN (37), Birin (50) dan Sarel (30) yang diduga kuat membuat buaya juga mengalami luka. 

"Informasi dari teman korban buaya tersebut juga terluka, Buaya terluka biasanya agresif dan akan menyerang jika ada potensi ganguan, jadi kita takutkan ia menyerang warga yang lain," jelasnya.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk tidak mendekati dan beraktifitas di sekitar aliran sungai untuk beberapa waktu terakhir. 

"Kita meminta pemerintah nagari dan petugas pengamanan PT AMP Plantation untuk melarang warga melakukan aktivitas di sungai tersebut untuk mengantisipasi korban bertambah," tutupnya.

Baca juga: Diserang Buaya, Seorang Pemancing di Agam Luka Parah

(han)


Berita Terkait

Baca Juga