Dibantu Pusat Rp110 Miliar, Revitalisasi Saribu Rumah Gadang Dimulai Pertengahan Maret

Dibantu Pusat Rp110 Miliar Revitalisasi Saribu Rumah Gadang Dimulai Pertengahan Maret Ilustrasi

Covesia.com - Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengungkapkan pengerjaan fisik maupun nonfisik revitalisasi rumah gadang dari Kementerian PUPR dimulai pertengahan Maret 2019.

"Tahapan revitalisasi sudah ditender perkiraan pertengahan Maret 2019 sudah terkontrak dan langsung pengerjaan fisik maupun non fisik, dan alokasi anggaran Rp110 miliar oleh Kementerian PUPR tidak berubah sampai sekarang," katanya yang dilansir dari Antara, Jumat (22/2/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Harri Trisna menyatakan pihaknya mulai menyusun dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) untuk proses revitalisasi kampung adat kawasan Saribu Rumah Gadang.

"Kami diberitahu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bahwa salah satu syarat untuk tender revitalisasi Saribu Rumah Gadang adalah Amda. Kami mulai melakukan penyusunannya," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan sidang komisi untuk pembahasan Dikumen Amdal revitasisasi Saribu Rumah Gadang mulai hari ini.

"Kami berharap proses pembahasan dokumen Amdal bisa cepat sehingga proses tender juga cepat terlaksana," ujarnya.

Revitalisasi Saribu Rumah Gadang telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 2018.

Dengan revitalisasi ini dia berharap, kawasan Saribu Rumah Gadang akan lebih menarik sehingga bisa meningkatkan kunjungan dan berimbas pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta perekonomian masyarakat.

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga