Sunar Agus: Praktik Pungutan Liar di Rutan Tidak Dibenarkan

Sunar Agus Praktik Pungutan Liar di Rutan Tidak Dibenarkan Ilustrasi Lapas Padang (Dok.Covesia)

Covesia.com - Kasus pungutan liar terhadap tahanan kembali terjadi di Sumatera Barat (Sumbar), kali ini terjadi di Rutan Kelas II B Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Menanggapi hal itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar, Sunar Agus menegaskan bahwa petugas keamanan tidak dibenarkan melakukan pungutan liar terhadap tahanan.

"Ini jelas bertentangan aturan, jadi tidak dibenarkan hal tersebut dilakukan oleh petugas keamanan," ujar Sunar Agus saat dikonfirmasi, Sabtu (16/2/2019).

Guna mengantisipasi hal serupa terjadi di rumah tahanan (Rutan) lainnya, ia mengaku akan mengingatkan pegawai Kemenkumham Sumbar untuk melakukan tugas sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ada di Kemenkumham. 

"Ya kejadian yang terjadi di Rutan Kelas II B Lubuk Sikaping menjadi catatan bagi kita, saat ini saya memberikan pemahaman kepada pegawai di Rutan Padang agar menjadi pegawai yang baik dan bertindak santun, mana yang tidak atur jangan dilakukan, kedepanya pungutan liar menjadi perhatian yang serius," sebutnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa setiap penghuni Rutan dan Lapas akan mendapatkan hak-haknya sesuai aturan tanpa harus menyerahkan sejumlah uang kepada petugas. 

"Peredaran narkoba, pungutan liar, itu tidak dibenarkan ada terjadi di Rutan, ini yang kita ingatkan kepada petugas," jelasnya.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Sumbar Dalami Kasus Penganiayan Napi di Rutan Lubuk Sikaping

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga