Pemkab Pastikan Tak Ada Perayaan Valentine Day di Agam

Pemkab Pastikan Tak Ada Perayaan Valentine Day di Agam Ilustrasi

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memastikan tidak ada perayaan Valentine Day di daerah itu.

Sekretaris Daerah  Agam Martias Wanto yang melanjutkan arahan dari Bupati Agam Indra Catri, tentang gerakan agam berprestasi yang madani, tidak ada peringatan selain peringatan nasional dan agama di Kabupaten Agam 

 "Valentine Day  tidak sesuai dengan budaya Minangkabau dan agama Islam, jadi tidak di izinkan," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Kamis (14/2/2019).

Dijelaskannya, saat ini kesadaran masyarakat Agam sudah tinggi, terbukti dengan tidak adanya perayaan malam pergantian tahun masehi kemarin.

"Kita selalu menghimbau, dan terbukti, saat tahun baru Masehi tidak ada keramaian ataupun perayaan," lanjutnya.

Menurutnya, tingginya kesadaran masyarakat tersebut tentunya berkat dukungan dari Niniak Mamak, Alim Ulama dan pemerintah nagari. Kendati dirasa Aman, pemda Agam tetap melakukan pemantauan di tempat yang dicurigai rawan terhadap perbuatan maksiat. 

"Dari Satpol PP Damkar Agam, dan dinas terkait, kita tetap menginstruksikan agar terus melakukan patroli dan pemantauan di lokasi yang rawan terhadap pelanggaran hukum," tegasnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga