KPU Bukittinggi Rakit 1778 Kotak Suara, 42 Rusak

KPU Bukittinggi Rakit 1778 Kotak Suara 42 Rusak Foto: Debi Kurnia/covesia

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) merakit 1778 kotak suara yang melibatkan 21 sekretariat KPU di Gor Bermawi, Gulai Bancah Bukittinggi.

Divisi teknis KPU Bukittinggi, Yasrul,  Rabu (13/2/2019) mengatakan dibutuhkan waktu dua hari untuk dapat merakit kotak suara tersebut dan akan berakhir pada Rabu malam nanti. 

"Secara bertahap kebutuhan logistik mulai berdatangan ke KPU kota Bukittinggi, dimana untuk kotak suara proses perakitan butuh kehati-hatian dan kotak suara yang telah selesai dirakit akan dibungkus dalam plastik untuk disimpan di Gor Bermawai sebagai gudang refresentatif penyimpanan logistik pemilu 2019," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Yasrul menyebutkan untuk kotak suara yang di rakot KPU Bukittinggi sebanyak 1778 kotak suara dimana 42 diantaranya rusak karena ada yang sobek, penyot, digigit serangga dan tidak layak pakai. 

"Nantinya kotak suara tersebut akan didistribusikan ke 349 TPS yang tersebar di Bukittinggi, dengan 5 kotak suara setiap TPS dan 11 kotak suara cadangan untuk setiap kecamatan," tuturnya. 

KPU memastikan, tambah Yasrul kotak suara pemilu 2019 berbahan karton atau kardus cukup kuat diperlakukan sesuai dengan fungsinya dan dapat menahan bobot hingga 70kg, dimana kotak suara tersebut didesign untuk menjalankan fungsi sebagai kotak suara menyimpan dokumen dan surat suara usai dilakukan pencoblosan.

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga