Bupati Mentawai Imbau Warga Jangan Panik Hadapi Isu Megathrust

Bupati Mentawai Imbau Warga Jangan Panik Hadapi Isu Megathrust Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet (Foto: Kornelia Septin Rahayu/Covesia)

Covesia.com - Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengimbau warganya agar tidak panik dan takut berlebihan dengan adanya isu gempa Mega Thrust. 

"Jangan terlalu panik. Jangan sampai dihantui oleh isu gempa mega thrust. Tetaplah hidup dan bekerja seperti biasa namun tetap waspada, " ujar Yudas Sabaggalet Bupati Mentawai di ruang kerjanya, Rabu (13/02/2019). 

Hal tersebut dikatakannya agar masyarakat bisa tetap fokus bekerja dan  beraktifitas, karena rasa takut yang berlebihan membuat warga tidak bisa melakukan apa-apa dan hanya tinggal di pengungsian. 

Ia mengatakan bahwa yang terpenting itu kesiapsiagaan warga. Bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai diimbau agar pindah ke daerah yang lebih tinggi atau jauh dari  pantai. 

"Selama ini kita sudah melakukan simulasi bersama masyarakat dan membangun organisasi tangguh bencana,serta infrastruktur menuju Tempat Evakuasi Sementara (TES). Jika terjadi bencana, semua unsur akan terlibat sesuai fungsi dan kewenangannya. Nanti, kita juga berencana bekerjasama dengan BNPB terkait bibit-bibit pohon yang kokoh pada 26 desa rawan yang bisa menyelamatkan masyarakat," tutup Yudas.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu 

Berita Terkait

Baca Juga