Pengawasan Tidak Bisa Maksimal, Lapas II B Pariaman Tak Punya CCTV

Pengawasan Tidak Bisa Maksimal Lapas II B Pariaman Tak Punya CCTV Lapas Klas IIB Pariaman (Foto: Covesia)

Covesia.com - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Pariaman, Pudjianto Gunawan mengakui jika Lapas yang ia pimpin tidak memiliki Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas.


Menurutnya, ketersediaan CCTV sangat diperlukan untuk mengawasi gerak-gerik warga binaan Lapas. CCTV sudah selayaknya ditempatkan pada sudut-sudut tersembunyi di setiap ruang atau blok.


"Sampai saat ini Lapas tidak ada CCTV. Kami akui hal ini membuat pengawasan warga binaan Lapas Kelas II B Pariaman belum maksimal, sebab masih belum ditopang berbagai sarana pendukung memadai lainnya," ungkapnya kepada Covesia.com, Selasa (12/2/2019).


Penempatan CCTV, terang Pudjianto, akan mempermudah deteksi dini setiap perbuatan mencurigakan para warga binaan Lapas. 


"Selama ini pihak kami sudah sering membuat pengajuan pengadaan CCTV ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM. Tapi hingga sekarang belum ada tanda-tanda pengadaanya," imbuhnya.


Menurut Pudjianto, di Lapas Kelas II B Pariaman setidaknya 23 titik kamera pengawas diperlukan. Kamera tersebut bakal ditempatkan dititik-titik yang dirasa rawan dan titik yang juga sulit untuk di awasi para penjaga, terutama di malam hari.


Dibeberkan Pudjianto, pihaknya juga telah meminta bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman untuk mau membantu Lapas II B Pariaman dalam pengadaan CCTV tersebut.


"Namun hingga kini juga belum ada tanda-tanda pengadaan," tutupnya.


Kontributor Pariaman: Almurfi Sofyan

(Utr)

Berita Terkait

Baca Juga