Pohon Tumbang Timpa Sejumlah Bangunan di Pesantren Nurul Yaqin-Padang Pariaman

Pohon Tumbang Timpa Sejumlah Bangunan di Pesantren Nurul YaqinPadang Pariaman Pohon Tumbang Timpa Sejumlah Bangunan di Pesantren Nurul Yaqin-Padang Pariaman, Senin (11/2/2019) kemarin sore (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Tingginya curah hujan disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Padang Pariaman, Senin (11/2) sore kemarin, membuat tujuh pohon tumbang dan menimpa sejumlah bangunan Pesantren Nurul Yaqin Nagari Ambung Kapur, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.

Tenaga Pengajar Pondok Pesantren Nurul Yaqin, Rizen Tk. Kuniang, mengatakan pohon tumbang tersebut menimpa asrama, lokal dan hall yang digunakan sebagai tempat belajar oleh santri.

"Untung saja ketika kejadian itu santri dan santriwati tidak berada di dalam ruangan karena melihat angin kencang semuanya pergi ke tempat yang aman," jelas Rizen kepada Covesia.com Selasa (12/2/2019) saat ditemui di Pesantren tersebut.

Ia mengatakan, untuk sementara semua santri terpaksa diliburkan dari aktifitas belajar mengajar sampai ada lagi tempat belajar  sementara yang bisa digunakan.

"Meskipun bersempit-sempit untuk tidur, namun hal itu harus dilakukan karena kondisi dan keadaan bangunan saat ini," kata dia.

Diakui Rizen, akibat kejadian ini diperkirakanya mengalami kerugian sekitar Rp250 juta. Termasuk hall yang baru dibangun sekitar 5 bulan lalu dengan anggaran Rp130 juta dengan ukuran 17 x 35 meter.

Sementara itu, Petugas Pusdalops BPBD Padang Pariaman, Ridwan menyampaikan evakuasi dilakukan Selasa pagi (12/2) karena terhalang oleh buruknya cuaca seharian kemarin.

"Kurang lebih 2,5 jam untuk mengevakuasi pohon yang tumbang, karena kejadian ini cukup besar," jelasnya.

Kemudian, kata dia, pada hari yang sama di daerah itu juga ada 4 unit rumah dan 1 jalan yang ditimpa pohon tumbang. Sehingga BPBD Padang Pariaman menurunkan dua regu untuk proses evakuasi.

Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan


Berita Terkait

Baca Juga