Masyarakat Muaro Kandang-Agam Manfaatkan Kincir Air untuk Hasilkan Daya Listrik

Masyarakat Muaro KandangAgam Manfaatkan Kincir Air untuk Hasilkan Daya Listrik Zaharudin Katik Bagindo (42) pemilik pembangkit listrik mini untuk menghasilkan daya listrik (Foto: Covesia/ Johan Utoyo)

Covesia.com - Masyarakat Muaro Kandang,  Jorong Tapian Kandih, Nagari Persiapan Salareh Aia Barat, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) manfaatkan aliran sungai untuk menghasilkan daya listrik.

Adalah Zaharudin Katik Bagindo (42), pemilik pembangkit listrik mini tersebut mengatakan, sebagian Daerah Muaro Kandang memang tidak terjangkau oleh listrik dari PLN, meski demikian pemanfaatan alam membuat masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

“Pemukiman kami cukup terpelosok berjarak sekitar 3 Km dari Jalan raya Padang - Pasaman melalui jalan setapak dan tidak terjangkau listrik, jadi kami memanfaatkan aliran sungai untuk memutar turbin,“ ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Senin (11/2/2019).

Pembangkit listrik memanfaatkan aliran air sungai menuju lahan pertanian itu dilakukannya semenjak tahun 2005. Sebelumnya pada malam hari, warga setempat menggunakan penerangan lampu yang berbahan bakar minyak tanah. 

“Minyak tanah sulit didapat dan harganya mahal, jadi saya berfikir bagaimana jika menggunakan dinamo yang digerakkan oleh air sungai,“ jelasnya.

Ide pembuatan pembangkit listrik tersebut didapatnya dari salah seorang teman yang tinggal di Jorong Maua Mudiak di nagari yang sama, waktu itu masyarakat di sana juga belum terjangkau oleh listrik PLN, dengan modal seadanya Katik Bagindo, mulai membeli turbin dan membangun kincir. “ Dulu kincirnya terbuat dari kayu, namun agar tahan lama saya ganti dengan kincir roda dariyang terbuat dari  besi,“ ulasnya.

Untuk daya yang dihasilkan Katik Bagindo tidak tahu pasti, karena tidak memiliki ilmu tentang itu, yang ia tau kuatnya daya yang dihasilkan tergantung dari debit air yang mengalir ke sawah masyarakat, jika debit air berkurang lampu akan redup namun jka besar, maka lampu akan menyala dengan terang. 

“Saya tidak tau berapa daya listrik yang dihasilkan namun cukup lah untuk menerangi 5 buah rumah,“ tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga