HPN 2019, Bupati Pasaman Minta Jurnalis Sampaikan Informasi Akurat Bukan Hoaks

HPN 2019 Bupati Pasaman Minta Jurnalis Sampaikan Informasi Akurat Bukan Hoaks Bupati Pasaman, Yusuf Lubis (kanan) saat menghadiri puncak Hari Pers Nasional di Surabaya, Sabtu (9/2/2019)(Foto: Humas)

Covesia.com - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meminta seluruh Jurnalis yang ada didaerah itu untuk mempublikasikan berita yang akurat dan menghentikan informasi Hoaks ketengah-tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Yusuf Lubis dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 yang di pusatkan di Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/2/2019).

"Kepada semua rekan-rekan wartawan diharapkan dapat memproduksi setiap berita yang dibuat harus dari sumber yang benar dan akurat. Jangan menyebar berita Hoaks. Kemudian tentu tetaplah berpedoman kepada Undang-undang Pers dan kode etik yang berlaku. Sehingga setiap berita yang terbit dapat menjadi informasi positif bagi masyarakat,” katanya.

Yusuf Lubis juga mengaku sangat sepakat bahwa media menjadi arus utama dalam memberitahukan setiap informasi kepada masyarakat.

"Saya sangat mendukung dan sepakat dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, bahwa insan pers Nasional bisa menjadi media arus utama dalam memberitahukan informasi yang tepat kepada masyarakat. Karena saat ini sangat maraknya informasi yang berseliweran di media sosial yang harus di topang oleh kebenaran datanya," katanya.

Dirinya juga meminta kepada setiap wartawan agar lebih mengedepankan asas manfaatnya dari sebuah informaai dibanding mudharatnya.

"Sebagai Bupati, saya menghargai karya-karya jurnalistik wartawan yang ada di Pasaman. Namun sebelum berita dipublikasikan, tolong dipikirkan dulu mudarat dan manfaatnya untuk rakyat," tuturnya.

Sementara Kabag Humasy Pemkab Pasaman, Delsi Syafei yang hadir dalam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 digelar di Hall Grand City Surabaya, Jawa Timur dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Dalam pantauan kami turut hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, beberapa orang Menteri Kabinet Kerja yaitu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti," katanya.

Disamping itu kata dia, tampak hadir tokoh-tokoh dan Praktisi Pers Nasional diantaranya, Surya Paloh pemilik media grup,  Founder and Chairman Trans Corp, Chairul Tanjung, pimpinan redaksi TV One sekaligus Presiden Indonesia Lawyers Club yang berasal dari Kabupaten Agam Sumatera Barat, Karni Ilyas.

"Dari Sumbar hadir Gubernur Irwan Prayitno, beberapa orang Bupati/Walikota. Kemudian Kepala Biro dan Kepala Bagian Humas se Sumatera Barat serta praktisi Pers dari organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)," tutupnya.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga