Batang Sapan Meluap, 20 Unit Rumah di Agam Terendam Banjir

Batang Sapan Meluap 20 Unit Rumah di Agam Terendam Banjir Lumpur menggenangi Pekarangan Rumah warga di tapian kandih Agam Sabtu (9/2/2019) dini hari pasca banjir. Foto: BPBD

Covesia.com -  Curah hujan yg tinggi yang mengguyur di sebagian wilayah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jum'at (8/2/2018) sore, telah mengakibatkan sungai Batang Sapan, dikecamatan palembayan meluap dan merendam pemukiman warga Jorong Tapian Kandih, Nagari Salareh Aia.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPBD) Agam, M Luthfi AR melalui Unit Pusdal Ops  Lukman Syahputra mengatakan, genangan air merendam setidaknya 20 rumah dengan ketinggian 30 hingga 80 Cm.  

"Dari sore kemarin hujan lebat, seperti biasanya jika hujan dengan intensitas tinggi terjadi cukup lama, batang Sapan meluap sampai ke pemukiman," ujarnya saat dikonfirmasi covesia.com, Sabtu (9/2/2019).

Tingginya debit air membuat masyarakat harus diungsikan ke tempat yang lebih tinggi, menjelang subuh debit air mulai menyusut dan sebagian besar memutuskan kembali kerumah untuk melakukan pembersihan. 

"Bersama pemerintah nagari, kita melakukan pendataan dan pagi ini masyarakat sudah pulang kerumah masing-masing," jelasnya.

Untuk masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai Batang Sapan pihaknya berpesan, jika curah hujan tinggi dan terjadi cukup lama, sebisa mungkin segera mengungsi ketempat yang lebih aman. 

"BPBD Agam mengimbau masyarakat, agar selalu siaga terutama saat musim hujan, jika curahnya tinggi dan cukup lama segera mengungsi ketempat yang lebih aman," tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga