Terkait Kebakaran Pulau Taraju Kawasan Mandeh Polisi Bakal Gelar Perkara

Terkait Kebakaran Pulau Taraju Kawasan Mandeh Polisi Bakal Gelar Perkara Kondisi Pulau Taraju di Kawasan Mandeh Pessel usai terbakar

Covesia.com - Polres Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat secepatnya bakal gelar perkara terkait kebakaran Pulau Taraju, di Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, beberapa waktu lalu.

Melalui KBO Reskrim Ipda Gusmanto mengatakan, terkait kasus pembakaran pulau taraju, ia dengan segera akan menggelar perkara dengan melibatkan dinas-dinas terkait. Baik dari Pemda Pessel maupun dari Provinsi.

"Kita bakal mengundang seluruh dinas terkait seperti, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Dinas Tataruang, Kabag Hukum, baik dari Pemda maupun Provinsi,"ungkapnya pada Covesia.com, Jumat (8/2/2019)

Ia menambahkan, sebelum dilakukannya gelar perkara. Status pulau taraju masih dalam proses lidik atau penyelidikan lebih dalam bersama dinas-dinas terkait.

Menurutnya KBO Gusmanto, dalam melibatkan dinas terkait pihaknya bisa mengaji pelanggaran apa pada pembakaran pulau tersebut. 

"Jadi, kita bisa tau apakah ada pelanggaran hukum sesuai dengan peraturan daerah yang terdapat di dinas-dinas itu masing-masing," jelasnya KBO Reskrim Gusmanto

Lanjutnya, ketika ditanyakan soal kendala ia mengatakan, pihaknya terkendala pada beberapa orang saksi yang lambat memenuhi panggilan polisi.

"Ada dua orang saksi lambat memenuhi panggilan, seperti ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Kepala Kampung. Karna dua saksi beralasan ada urusan keluarga saat jadwal panggilan," terangnya

Lanjutnya lagi, saat ini penjaga pulau bernama Yusuf yang bertugas masih berada di pulau itu. Sebab, si penjaga tinggal disana.

"Selain tinggal disana, penjaga itu juga bertugas menjaga dan merawat tanaman yang ditanamnya. Seperti, Mangga, Kelengkeng, Buah Kedondong, Sao, Rambutan," tutupnya.

Reporter Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga