Miris, Jembatan Mini Penghubung Dua Nagari di Pessel Rusak Parah

Miris Jembatan Mini Penghubung Dua Nagari di Pessel Rusak Parah Kondisi Jembatan di Kampung Labuhan Tanjak Air Haji Barat, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Jembatan mini penghubung dua Nagari di Kampung Labuhan Tanjak Air Haji Barat, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) rusak parah semenjak dua bulan terakhir.

Menurut Informasi yang didapat, jembatan mini tersebut salah satu akses utama yang harus dilalui warga setempat. Jembatan ini juga penghubung antar dua nagari yaitu Nagari Air Haji Barat dan Muaro Gadang Air Haji.

"Memang, jembatan itu sudah lama rusak parah. Tapi beberapa minggu ini sudah tidak bisa dilalui kendaraan roda empat karena lantai jembatan sudah bolong-bolong. Dan jembatan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, itupun harus hati-hati," ungkap salah seorang pemuda setempat, Febri (25) pada Covesia.com, Kamis (7/2/2019)

Ia menambahkan, kondisi jembatan itu sudah mengancam keselataman warga yang ingin melaluinya. Selain berlobang jembatan juga sudah lapuk.

"Lebih bahayanya apabila di malam hari, ditambah dengan tidak adanya penerangan. Sebelumnya, sudah ada warga yang terjatuh," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, padahal sebelumnya kondisi jembatan ini sudah pernah dilihat oleh pihak Pekerjaan Umum (PU) dan akan diperbaiki.

"Tapi hingga sekarang belum juga diperbaiki. Untuk itu kita berharap kepada pemerintah daerah dengan secepatnya memperbaiki jembatan ini. Kasihan kita, melihat warga apalagi petani sawit, terpaksa mereka melansir hasil panen sawitnya. Apabila melewati jembatan karena mobil tidak bisa menempuh jembatan tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Air Haji Barat, Kecamatan Linggo Sari Baganti ketika dihubungi terkendala dengan gangguan jaringan telepon. Ketika dihubungi kembali beberapa kali, Wali Nagari tidak menjawab.

Kontributor Pessel: Indrayen Putra


Berita Terkait

Baca Juga