BPBD: Puluhan Bangunan Rusak di Mentawai Akibat Gempa 6 SR

BPBD Puluhan Bangunan Rusak di Mentawai Akibat Gempa 6 SR Satu unit Gereja GKPM di Mentawai rusak berat akibat gempa 6 SR (2/2/2019) lalu (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Sejumlah bangunan di kepulauan Mentawai khususnya di Kecamatan Sikakap dan Pagai selatan mengalami kerusakan akibat guncangan gempa yang melanda Kepulauan Mentawai semenjak, Sabtu (2/2/2019) lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun covesia.com dari Pusdalops PB Mentawai, sedikitnya ada kerusakan bangunan 

di desa Takako kecamatan Sikakap, yakni rusak berat 8 unit, rusak ringan 69 unit. Sementara itu di desa Malakopak kecamatan Pagai selatan rusak ringan 2 unit dan 3 Unit rusak berat.

"Sebagian warga yang rumahnya mengalami rusak berat, mendirikan tenda di samping rumahnya," ungkap Refanda Oktawirya Supervisor Pusdalops PB BPBD Mentawai, kamis (7/2/2019).

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa bangunan yang terdampak diantaranya gereja GKPM, sejumlah rumah warga, SDN 02 Takako, dan Puskesmas Malakopa.

Sementara data tersebut diberikan kepada dinas Permukiman dan Perumahan Mentawai untuk ditindaklanjuti. 

Terkait adanya laporan kerusakan bangunan tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo beserta Kepala BMKG dan rombongan meninjau pulau Siberut, Sipora, dan Pagai sejak Rabu hingga kamis (6-7/2/2019). 

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga