Hiburan Orgen Tunggal di Agam Resahkan Masyarakat

Hiburan Orgen Tunggal di Agam Resahkan Masyarakat Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Program Agam Madani yang dicanangkan Pemerintah kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, belum terealisasi secara maksimal, pasalnya hiburan malam berupa orgen tunggal yang menghadirkan Miras dan biduan berbusana tidak senonoh masih terjadi di wilayah tersebut.

Seperti yang terpantau di Simpang Lapau Talang, nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Selasa (22/1/2019) dini hari, alunan musik volume tinggi dipadu kemerlap lampu hias panggung memancing muda mudi sekitar untuk datang dan ikut berjoget ria. tidak hanya diantara kerumunan penonton, tak lupa pula belasan biduan sawer berbusana sexy dan laki-laki setengah matang (Banci-red) juga terpantau di lokasi acara.

Salah seorang masyarakat, J St batuah, (35) mengaku resah dengan pemandangan tersebut, selain mengusik waktu istirahat warga, di lokasi kegiatan disinyalir juga terjadi penyakit masyarakat (Pekat).

"Puluhan muda-mudi asyik berjoged ria di lapangan maupun di atas panggung dengan gaya yang tidak wajar bahkan ada yang terlihat sedang berjoget ria sambil berbuat tidak senonoh, tak luput terlihat ada beberapa pemuda yang diduga masih status pelajar di lokasi hiburan,“ ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Tidak hanya itu beberapa pedagang miras juga ikut mengambil kesempatan untuk menjual cairan mengandung alkohol kepada para pengunjung. Menurut St batuah, hal itu tidak sepatutnya terjadi di Kabupaten Agam yang sudah mencanangkan Gerakan Agam Madani, “Ini harus cepat di sikapi pemerintah nagari dan daerah karena bisa merusak generasi muda,“ harap St batuah.

Sementara itu salah seorang Niniak Mamak Nagari Lubuk Basung, H Dt hitam menyayangkan kegiatan terlarang tersebut, menurutnya ini tidak akan terjadi jika kuat pengawasan dari niniak mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat.

“Ini tidak akan dibiarkan dalam waktu dekat, kita akan membawa permasalahan ini ke Kerapatan Adat Nagari, agar kejadian yang sama tidak terulang kembali,“ tegasnya.

(han/nod)

Berita Terkait

Baca Juga