Beredar Video Pengusiran Penyandang Disabilitas, Ini Kata Pengurus Masjid Raya Sumbar

Beredar Video Pengusiran Penyandang Disabilitas Ini Kata Pengurus Masjid Raya Sumbar Ilustrasi Masjid Raya Sumbar (Foto: Covesia/ Primadoni)

Covesia.com - Terkait viralnya video pengusiran penyandang disabilitas di Masjid Raya Sumatera Barat, pada Minggu (20/1) kemarin, berbagai komentar negatif muncul dari sejumlah netizen.

Menanggapi video yang diunggah dari akun instagram Abraham Ismed tersebut, Ketua Harian Pengurus Masjid Raya Sumbar, Yulius Said mengungkapkan, petugas keamanan Masjid sudah mengingatkan, namun  tidak diindahkan.

"Memang security Masjid telah mengingatkan mereka, untuk tidak membawa kursi roda ke dalam Masjid bahkan petugas keamanan menawarkan diri untuk memandu penyandang disabilitas untuk memasuki Masjid. Tetapi mereka tidak mengindahkannya," ujar Yulius Said saat dikonfirmasi covesia.com, Senin (21/1/2019).

Menurut Yulius Said, sebelumnya, saat pelaksanaan salat Jumat juga ada penyandang disabilitas yang membawa kursi roda ke dalam Masjid, tetapi pihak keamanan tidak mengetahui, akhirnya jamaah yang komplain.

"Menggunakan kursi roda ke dalam Masjid sama saja dengan membawa sepatu saat shalat, terlebih lagi jika kursi roda tersebut digunakan untuk hal yang lainnya. Kita tidak tahu apa yang telah diinjak oleh kursi roda tersebut," sebutnya. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, jika memang akan menggunakan kursi roda untuk melaksanakan salat, gunakan kursi roda kusus agar tidak mengganggu jamaah yang lainnya. 

"Kalau menggunakan kursi roda khusus ya tidak apa, artinya kursi roda tersebut tidak digunakan selain untuk salat, ini kan tidak," sebutnya. 

Terkait penyebaran video di akun media sosial, Yulius Said menyebutkan, itu perkara yang tidak baik. "Biarkan saja, mereka tidak tahu, kalau di luar masjid boleh-boleh saja, namun mereka salat berjamaah," sebutnya.

Baca juga: Menyedihkan! Seorang Penyandang Disabilitas Disuruh Salat di Luar Masjid

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga