BPBD: Fenomena 'Waterspout' Tak Berdampak ke Masyarakat

BPBD Fenomena Waterspout Tak Berdampak ke Masyarakat sumber: warganet

Covesia.com - Fenomena alam waterspout (Tornado Laut) yang terjadi di kawasan perairan Pariaman, Senin (14/1/2019) sekitar pukul 16.00 WIB dinyatakan tidak menimbulkan dampak secara materil maupun korban jiwa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman, menyebutkan fenomena yang terjadi di perairan laut kota itu, tidak menimbulkan kerusakan di wilayah Pariaman.

"Ya, hingga malam ini kita belum mendapat laporan, adanya kerusakan akibat fenomena alam itu," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pariaman, Armon saat dihubungi Covesia.com melalui telepon, Senin (14/1/2019) malam.

Kata dia, memang sejak pukul 16.00 hingga 19.00 WIB, hujan deras disertai badai mengguyur Kota Pariaman. Namun berdasarkan laporan sejumlah regu piket dan pantauan anggota di lapangan belum ditemukan adanya kerusakan.

"Hujan badai yang terjadi sekarang juga belum ada laporan terjadi bencana," katanya.

Menurut Armon, pihaknya mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir pantai dan bantaran sungai untuk tetap waspada akan terjadinya bencana di tengah cuaca buruk.

Sebelumnya, diketahui masyarakat Kota Pariaman digegerkan dengan penampakan fenomena langka waterspout (Tornado Laut) di perairan laut Pariaman, Senin (14/1/2019) sekitar pukul 16.20 WIB. Kejadian tersebut sempat diabadikan sejumlah warga dan viral di media sosial (Medsos).

Video waterspout  tersebut pertama kali diketahui setelah diunggah oleh seorang warganet di akun instagram miliknya dengan nama akun @rizkihidayah06, dia menggunggah video tersebut sekitar pukul 16.00 WIB dan tak lama berselang langsung direpost oleh akun-akun penyebar berita di ranah Instagram.

Melalui akun instagramnya, netizen bernama @rizkihidayah06 menulis "Telah terjadi angin puting beliung di Laut Pariaman," tulisnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga