Tahun Ini BPN Bakal Terbitkan 3000 Sertifikat Tanah di Pasaman

Tahun Ini BPN Bakal Terbitkan 3000 Sertifikat Tanah di Pasaman Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Badan Pertanahan Nasional (BPN) bakal menerbitkan 3000 sertifikat tanah gratis untuk Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman di Tahun 2019 ini.

"Benar, penerbitan 3000 sertifikat tanah itu nantinya melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) khususnya di Nagari Binjai dan Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari. Kita mengimbau agar masyarakat dapat mensukseskan program ini," terang Kepala Kantor BPN Pasaman, Hanif, Kamis (10/1/2019).

Menurut Hanif, jumlah ini dua kali lipat bertambah dari kuota tahun 2018 lalu.

"Program PTSL ini merupakan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sembari meminimalisasi kasus sengketa tanah dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Pihaknya juga akan berupaya mengusulkan daerah lainnya di Pasaman untuk bisa mendapatkan program yang sama. 

"Kuotanya terbatas. Jumlah ini sudah lumayan dibanding tahun 2018 lalu sekitar 1700 Sertifikat. Namun tentu akan tetap kita upayakan, bagi warga yang belum memiliki sertifikat," tukasnya.

Nantinya kata dia, sertifikat tersebut bisa dijaminkan ke Bank maupun lembaga keuangan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

(eri)


Berita Terkait

Baca Juga