Bawaslu Agam akan Tertibkan APK yang Menyalahi Aturan

Bawaslu Agam akan Tertibkan APK yang Menyalahi Aturan Sejumlah Alat Peraga Kampanye yang terpajang di beberapa titik di Kabupaten Agam (Foto: Covesia/ Johan)

Covesia.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera barat, akan menertibkan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) yang dinilai melanggar nilai estetika, hal tersebut dikarenakan banyaknya temuan APK terpasang di pohon pelindung serta yang tumbuh di tepi jalan.

Ketua Bawaslu Agam, Elvys mengatakan, mengenai pemasangan APK Sudah diatur dalam Pasal 34 PKPU ayat (1) yang menyatakan pemasangan harus mempertimbangkan nilai  etika,  estetika,  kebersihan,  dan  keindahan  kota  atau  kawasan  setempat sesuai  dengan  ketentuan  peraturan  perundang-undangan.

“Kita memantau terutama di Kecamatan Tanjung Raya dan beberapa kecamatan lainnya, banyak ditemukan APK yang dipasang di pohon pelindung serta tanaman yang tumbuh di tepi jalan, ini menyalahi aturan PKPU," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, kamis (10/1/2019).

Terkait hal tersebut pihaknya sedang melakukan pendataan dan nantinya akan menyurati Parpol peserta Pemilu untuk bisa mencopot  kembali APK yang dinilai melanggar.

“Saat ini kita sedang melakukan pendataan,  untuk menertibkan APK tentu ada aturannya, kita akan menyurati Parpol agar mencopot APK, jika dalam batas waktu yang telah diberikan masih ditemukan, maka bersama pemda Agam kita turun untuk menertibkan, " lanjutnya. 

Pihaknya mengimbau agar peserta pemilu untuk bisa mematuhi aturan terutama dalam pemasangan APK sehingga tidak merusak nilai kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Terkait permasalahan ini kita juga sudah menginstruksikan kepada panwascan untuk dapat memantau pemasangan APK di wilayahnya," tutupnya.

(han/don)

 


Berita Terkait

Baca Juga