Jelang Akhir 2018, Seluruh EWS BPBD Agam Berfungsi Sempurna

Jelang Akhir 2018 Seluruh EWS BPBD Agam Berfungsi Sempurna Salah Satu EWS di kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupten Agam (Foto: Istimewa)

Covesia.com - mengantisipasi bencana gelombang dan tsunami, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, memiliki 9 serine Early Warning Sistem, (EWS).

Kalaksa BPBD Agam M Luthfi melalui Kasi Pencegahan, Charli Agus Windra mengatakan sebelumnya 4 dari 10 Serine peringatan bencana itu tidak berfungsi sempurna, namun menjelang akhir 2018 sudah di perbaiki.

"Untuk sirene EWS yang tidak berfungsi secara sempurna diantaranya Sirene EWS di Pasia Paneh, Sirene EWS di Masjid Suhada Subang, Sirene EWS Banda gadang, Sirene EWS puskesmas Gasan Kaciak, seluruhnya sudah kita perbaiki," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Rabu (9/1/2018).

Adapun EWS yang berfungsi baik secara manual yaitunya, Sirene BMKG, sirene di Masjid Taqwa Labuhan, Sirene EWS Masjid Al Hidayah Masang, Sirene EWS Masjid muaro Putuih dan Sirene EWS di Masjid Nurul Iman Ujuang Labuang.

Dijelaskannya, 8 unit sirene peringatan tsunami teraebut merupakan bantuan BNPB Pusat pada 2013 silam dan satu unit sirene milik BMKG yang dipasang di dekat Kantor Camat Tanjung Mutiara. 

"Daerah pesisir Kabupaten Agam merupakan wilayah yang berpotensi terkena gelombang dan tsunami jadi kita harus waspada," lanjutnya.

Selain itu pihaknya juga sudah memberikan pelatihan serta simulasi tanggap bencana, sehingga jika terjadi bencana masyarakat yang berada di pesisir pantai sudah  mengerti tindakaan apa yang harus dilakukan. 

"Kita juga sudah membuat jalur evakuasi menuju tempat yang lebih tinggi sehingga warga yang terdampak bisa langsung menyelamatkan diri," terangnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga