Petani Pasaman Keluhkan Serangan Hama Tupai

Petani Pasaman Keluhkan Serangan Hama Tupai Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Sejumlah Petani di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), sangat dikeluhkan akibat serangan hama tupai dan kera yang menggerogoti buah tanaman mereka di daerah itu.

Salah seorang Petani di Kecamatan Simpati, Saiful Amri mengatakan, serangan hama tersebut sangat dirasakan petani Kakao, Manggis, Durian, Jagung dan Sawit. Bahkan bisa-bisa menurunkan tingkat produksi petani.

"Kami mengaku mengeluh. Sebab kalau hama Tupai susah diusir. Kalau kera atau monyet bisa juga lah kita usir dengan tembakan senapan atau semacamnya. Bayangkan saja, dari buah berputik hingga hampir panen sudah diserangnya," katanya kepada covesia.com, Rabu (9/1/2019).

Saat ini kata dia, serangan hama tupai paling banyak itu di Kecamatan Tigo Nagari dan Simpati. Sebab di dua kecamatan ini, paling banyak petani kakao, manggis, durian dan sawit.

"Kami berharap, Dinas Pertanian bisa mencari jalan keluar permasalahan ini. Seperti di Padang Pariaman, ada kegiatan berburu hama yang difasilitasi Dinas setempat," harapnya.

(eri/don)


Berita Terkait

Baca Juga