Sejumlah Buku yang Diduga Berpaham Komunis Disita TNI dan Kejaksaan di Padang

Sejumlah Buku yang Diduga Berpaham Komunis Disita TNI dan Kejaksaan di Padang anggota TNI melihatkan sejumlah buku diduga berpaham komunis yang disita dari sebuah toko buku di Padang, Selasa (8/1/2019)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - 6 eksemplar buku dengan 3 judul  yang diduga berpaham Komunis, disita pihak aparat TNI dari Koramil 01 Padang Barat bersama Kejaksaan Negeri Padang, di Toko Buku Nagare Boshi, Jalan Hos Cokroaminoto, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (8/1/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Danramil 01 Padang Barat-Padang Utara, Mayor Infanteri P. Simbolon, mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan keterangan secara benar. Tapi buku-buku tersebut sudah jelas judulnya tentang PKI, sementara di Indonesia PKI itu tidak diperbolehkan. Sekarang oknum-oknumnya ini sudah mengibarkan fitnah-fitnah.

“Dari Toko tersebut kita sita buku di antaranya berjudul Kronik 65, Mengincar Bung Besar, dan Jasmerah. Dalam setiap judul, kami menyita sebanyak 2 eksemplar dan langsung kita bawa ke Kodim 0312 Padang,” ungkap Danramil di lokasi.

Kemudian P. Simbolon menjelaskan, di dalam buku yang telah disita tersebut telah berubah antara judul di cover buku dan isi di dalam buku. Menurutnya, isi dalam buku telah diubah dari yang sebenarnya. 

“Jadi, apapun yang terkait dengan unsur PKI sangat dilarang. Kemudian nanti kita juga akan lakukan pengecekan ke toko-toko buku lain yang terindikasi menjual buku yang sama tersebut,” tegasnya.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga