DPRD: Manajemen Buruk Penyebab Bergugurannya Gerai Minang Mart

DPRD Manajemen Buruk Penyebab Bergugurannya Gerai Minang Mart Tampak sejumlah gerai Minang Mart di sejumlah titik yang sudah tutup dan berganti nama di Kota Padang (Foto: Dok.Covesia)

Covesia.com - Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat yang juga mengusaha ritel Sumbar, Guspardi Gaus menilai mulai tutup dan berganti namanya sejumlah gerai Minang Mart di Kota Padang lebih disebabkan oleh manajemen bisnis Minang Mart yang sejak awal terbilang buruk.

Ia juga menilai kondisi ini diperburuk oleh pemilihan pengelola Minang Mart yang tidak kapabel di bidangnya di mana dikelola oleh BUMD yang tidak memiliki track record di bidang ritel.

"Tak segampang itu membangun usaha apalagi sistemnya kerja sama seperti ini. Sejak awal saya telah melihat pengelolanya dilimpahkan ke BUMD yang memiliki reputasi buruk, beda cost dan bukan pelaku bisnis," terangnya kepada Covesia.com melalui telepon, Selasa (8/1/2019).

Lebih lanjut pemilik Citra Swalayan ini mengungkapkan kondisi itu tentunya merugikan masyarakat yang pada awalnya dijanjikan dengan bentuk investasi bagus namun pada kenyataannya tidak sesuai dengan rencana awal.

Tidak hanya itu, buruknya pengelolaan Minang Mart ini tentu memberikan reputasi buruk terhadap pemerintah yang notabene penggagas berdirinya Minang Mart.

Diketahui tiga BUMD yang ditunjuk sebagai pengelola Minang Mart adalah Bank Nagari sebagai pemberi kredit, Grafika sebagai pengelola dan Jamkrida sebagai penjamin kredit.

Minang Mart sendiri pada awalnya bertujuan memotong rantai distribusi menjadi lebih pendek. Dengan demikian, margin keuntungan pedagang lebih besar dan konsumen bisa membeli lebih murah. Namun pada realisasinya banyak masyarakat yang mengeluhkan harga-harga di Minang Mart jauh lebih mahal ketimbang minimarket-minimarket lainnya.

Dari Pantauan Covesia kemarin, Senin (7/1/2019), sejumlah toko Minang Mart di Kota Padang terlihat berganti ke nama lain dan ada juga yang ditutup.

Baca: Sejumlah Gerai Minang Mart Berganti Nama, Ada Juga yang Tutup

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga