TMMD ke 104 di Mentawai akan Buka Jalan Baru dan Pembangunan Infrastruktur Lainnya

TMMD ke 104 di Mentawai akan Buka Jalan Baru dan Pembangunan Infrastruktur Lainnya Salah satu infrastruktur yang akan dibangun pada TMMD 104 2019 di Kepuluan Mentawai (Foto: Covesia/ Septin)

Covesia.com - Dalam rangka mengakselerasi proses pembangunan di Kepuluan Mentai, Komando Distri Militer (Kodim) 0319 Mentawai kembali akan gelar TMMD ke 104 di daerah itu.

Hal tersebut diungkapkan Kasdim 0319 Mentawai Mayor Czi purwadi, saat rapat awal koordinasi TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ke 104 tahun 2019 bersama Pj.Sekda, Kepala OPD, dan Polres Kepulauan Mentawai, Senin (7/1/2019).

Rapat koordinasi awal tersebut membahas perencanaan dan persiapan semua pihak mensukseskan kegiatan TMMD yang akan diselenggarakan untuk pembangunan fisik dan Non fisik dari wilayah SP-3 hingga desa Betumonga kecamatan Sipora Utara.

“Sasaran pembangunan fisik yaitu membuka jalan baru dan pembuatan jamban sebanyak kurang lebih 30 unit. Sementara untuk kegiatan Non fisik akan dikoordinir oleh dinas-dinas di lingkungan Pemda Mentawai seperti, memberi penyuluhan, pemeriksaan kesehatan gratis, dan lainnya,” tutur Kasdim 0319 Mentawai Mayor Czi purwadi,  senin.

Lebih lanjut Mayor Czi Purwadi mengatakan bahwa kegiatan TMMD tersebut akan melibatkan personil sebanyak 1 kompi dari Batalyon luar, 1 pleton dari kodim, 1 pleton dari polres, dan SatPol PP. Adapun kucuran dana yang digunakan bersumber dari dana APBD Mentawai.

“Kita sudah merencanakan di masing-masing OPD terkait kegiatan TMMD ini. Pembangunan Fisik bersama dinas PU, Non fisik melibatkan beberapa OPD seperti Dinkes,  Disdik, Disparpora, Dispangtan, dan lainnya untuk mendukung kegiatan TMMD ini,” imbuh Martinus Dahlan Pj. Sekda Mentawai.

Ia berharap kerjasama Pemda bersama TNI, Polri dalam TMMD tetap berkesinambungan dengan adanya dukungan dana dari Pemda. 

Martinus mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan ke depannya akan mempertimbangkan sasaran atau lokasi yang berdampak pada perkembangan perekonomian masyarakat.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu 

Berita Terkait

Baca Juga