Warga Agam Gempar, Satu Ekor Buaya Ditemukan Bertelur di Kebun Sawit

Warga Agam Gempar Satu Ekor Buaya Ditemukan Bertelur di Kebun Sawit Penampakan Satu Ekor Buaya Ditemukan Bertelur di Kebun Sawit, Senin (7/1/2019)(Foto: BKSDA Agam)

Covesia.com - Satu ekor buaya ditemukan sedang bertelur di kebun kelapa sawit milik warga Ujung Labuang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Syahrial Tanjung didampingi Unit Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Ade Putra mengatakan, hewan tersebut berjenis Buaya Muara atau Crocodylus Porosus ditemukan oleh warga setempat, pada Jum'at (4/1/2019) kemarin.

Melihat hewan itu warga langsung melaporkan ke Bhabinkantibmas setempat dan dilanjutkan ke BKSDA Agam. 

"Setelah kita pantau kelapangan buaya tersebut memiliki panjang 3-4 meter itu sedang menjaga telurnya, untuk jumlah telur belum diketahui jumlah pastinya, karna tidak bisa dilihat secara dekat," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Senin (7/1/2019).

Dijelaskannya, buaya tersebut berkembang biak berjarak 500 Meter dari habitatnya di sungai Batang Masang. Mengantisipasi terganggu dan menyerang warga, pihaknya sudah memasang garis pembatas dan plang peringatan serta mengimbau masyarakat sekitar agar tidak mendekati lokasi.

"Buaya bertelur cenderung agresif ia akan menyerang jika merasa terganggu, kita juga akan melakukan pemantauan setiap hari, untuk memantau perkembangan buaya tersebut," terangnya.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga