Dinkes Pasbar Segera Usut Terkait Adanya Korban Vaksin MR

Dinkes Pasbar Segera Usut Terkait Adanya Korban Vaksin MR Kondisi Ahmad Rafa (7) korban efek vaksin MR di Pasaman Barat, Jumat (07/12/2018) (Foto: Heri/Covesia)

Covesia.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar mengaku belum mengetahui tentang adanya korban yang diduga efek dari Imunisasi Vaksin Measles Rubella (MR) di SD 10 Sumba, Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.

"Belum tahu. Di daerah mana ya?," ujar Kepala Dinas Kesehatan Pasbar, Haryunidra ketika dikonfirmasi oleh Covesia.com, Jumat (07/12/2018).

Haryunidra juga heran kejadian yang sudah berlangsung tiga pekan lalu tidak sampai kepadanya. Padahal sekecil apapun masalah kesehatan masyarakat di daerah itu tidak luput dari pantauannya.

"Meskipun demikian akan kita usut ke bawah tepatnya Puskesmas Ujung Gading bagaimana kronologis kejadian yang sebenarnya. Biar bagaimanapun kesehatan masyarakat tetap yang menjadi prioritas. Program Vaksin MR ini juga secara Nasional tujuannya untuk kesehatan," ujarnya.

Menurut Haryunidra, setiap bidan yang ditugaskan melaksanakan Imunisasi sudah memiliki SOP yang jelas. Tidak dibenarkan asal melakukan penyuntikan kepada anak yang memang tidak sehat.

"SOP nya sangat jelas. Ada izin orang tua. Sebab Vaksin MR ini kan menjadi polemik juga dikalangan masyarakat terkait adanya beberapa orang yang tidak cocok dan memiliki efek samping. Kemudian harus di cek dulu kondisi kesehatan anak serta prosedur lainnya. Kemudian jika anak mengalami sakit paaca imunisasi, tentu akan diobati," terangnya.

Dia berharap jangan sampai isu korban tersebut menjadi momok dikalangan masyarakat hingga berefek kepada imunisasi rutin lainnya.

"Vaksin MR inikan sudah berakhir bulan lalu. Kemudian secara rutin kita ada program imunisasi tetanus. Nah kita berharap jangan sampai isu ini membuat masyarakat jadi takut imunisasi," tutupnya.

Sebelumnya seorang anak yang bernama Ahmad Rafa (7), Siswa SD 10 Sumba, Ujung Gading, Pasaman Barat dilaporkan menderita penyakit serius di sekujur badannya usai menjalani suntik Vaksin Measles Rubella (MR) tingga minggu lalu.

(Heri)

Baca juga: Pihak Puskesmas Ujung Gading Mengaku Sudah Obati Korban Vaksin MR di Pasaman Barat

Berita Terkait

Baca Juga