Satpol PP Amankan Satu Set Alat Galian C di Pesisir Selatan

Satpol PP Amankan Satu Set Alat Galian C di Pesisir Selatan Satpol sita peralatan tambang galian C tanpa izin di Pesisir Selatan (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) amankan satu set alat galian C di Sungai Batang Bayang, tepatnya Tanah Kareh, Kenagarian Tanah Kareh, Kecamatan Bayang.

Ketika penangkapan dilakukan, galian C yang tidak mengantongi izin tersebut tengah beroperasi dan melaksanakan aktivitas pertambangan. Saat itu, satu unit truk telah siap menunggu angkutan pasir hasil tambang pada, Kamis (6/12/2018).

"Operasi ini kami lakukan dimana pihak kami menerima laporan dari masyarakat, bahwa ada tambang galian C yang beraktivitas tanpa memiliki izin," jelas Kasat Satpol PP dan Damkar Dailipal pada Covesia.com, Jumat (7/12/2018).

Ia melanjutkan, aktivitas galian C tersebut sangat berdampak buruk terhadap masyarakat sekitar sungai batang bayang. Selain tidak mengantongi izin, galian tersebut menggunakan alat hisap dompeng.

"Alat hisap dompeng yang kita sita dapat merusak, karena secara tidak langsung alat tersebut mengikis sedikit demi sedikit tanah yang dibawah. Sehingga tanah yang diseberang roboh," ucapnya

Maka dengan itu, pihaknya mengimbau kepada pemilik tambang yang berada di Pessel yang juga menentang perda dan tidak memiliki izin agar segera dihentikan.

"Bagi yang melanggar jika tidak dihentikan dan kedapatan laporan dari masyarakat maka akan kami hentikan dan menyita peralatannya," tegasnya.

Reporter Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga