Bawaslu: Sumbar Termasuk Tingkat Tertinggi Kerawanan pada Pemilu 2019

Bawaslu Sumbar Termasuk Tingkat Tertinggi Kerawanan pada Pemilu 2019 Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Surya Efitrimen mengungkapkan Provinsi Sumbar menjadi daerah terbilang tinggi kerawanannya di Indonesia.

"Hal tersebut di ukur dari hasil indeks kerawanan untuk pemilu 2019 di Indonesia. Sumbar berada diposisi nomor tiga tingkat kerawanannya," sebut Surya Efitrimen saat memberikan materi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 di salah satu Hotel di Pesisir Selatan, Jumat (7/12/2018).

Ia menjelaskan, data tersebut hasil dari IKP tahun 2019 untuk tingkat kerawanan pemilu tahun ini. Dari 34 provinsi di Indonesia, posisi pertama tertinggi yaitu Papua Barat, Daerah Istimewa Jogja dan Sumbar.

"Dari hasil yang dikeluarkan IKP kita dapat berpedoman dan memetakan. Tingkat kerawanan ditahun ini. Sehingga kita bisa memastikan titik tersebut dan melakukan sosialisasi yang kuat untuk mensukseskan pesta demokrasi mendatang," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, IKP yang dikeluarkan berdasarkan empat aspek yang menjadi pemetaannya. Diantaranya, konteks sosial politik, penyelenggaraan yang bebas dan adil, kontestasi dan partisipasi.

"Kita berharap agar empat indikator atau dimensi tersebut dapat menjaga netralitas aparatur sipil negara, keamanan dan ujaran kebencian. Agar nantinya sepanjang pesta demokrasi yang akan berlangsung terwujud pemilu yang damai dan aman hingga selesai," tutupnya.

Reporter Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga