Bawaslu Pesisir Selatan Imbau Caleg Taati Aturan Pemasangan APK

Bawaslu Pesisir Selatan Imbau Caleg Taati Aturan Pemasangan APK Ilustrasi penertipan alat peraga kampanye (Foto: Doc.Covesia)

Covesia.com - Badan Pengawasan Pemilu Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau caleg didaerahnya memasang APK sesuai dengan zona yang ditetapkan dimana yang telah diatur oleh undang-undang.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pessel Erman Wadison, masih banyaknya Alat Peraga Kampanye (APK) caleg didaerah itu terpasang tidak sesuai zona yang ditentukan dan menyalahi aturan.

"Sebab, kalau di biarkan akan menjadi masalah dalam kelangsungan pesta Demokrasi yang akan berlangsung pada 2019 nanti," katanya pada Covesia.com, Jumat (7/11/2018).

Erman Wadison menjelaskan, saat ini caleg hanya bisa menggunakan APK yang difasilitasi oleh KPU dan juga ada APK tambahan yang dibuat oleh peserta pemilu. Tapi harus memperhatikan jumlah dan ukuran yang ditetapkan oleh KPU.

"Karena sudah ditetapkan oleh KPU sesuai dengan undang-undang. Jadi pada seluruh caleg harus mentaatinya. Dan zona atau tempat pemasangannya tidak boleh sembarangan seperti, ditempat Ibadah, Rumah Sakit, Lembaga Pendidikan dan Sarana Pemerintah," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, apabila masih kedapatan tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Maka pihaknya akan menertibkannya.

"Untuk itu, kami mengimbabu kepada seluruh peserta pemilu agar mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan tentang metode kampanye terkait Pemasangan Alat Peraga Kampanye," tutupnya Erman Wadison.

Reporter Pessel: Indrayen



Berita Terkait

Baca Juga