Dinsos Dirikan Kampuang Siaga Bencana di Kabupaten Pessel

Dinsos Dirikan Kampuang Siaga Bencana di Kabupaten Pessel Dinsos Dirikan Kampuang Siaga Bencana di Kabupaten Pessel (Foto: Dinsos)

Covesia.com - Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) dirikan kampung siaga bencana di empat Kecamatan yang rawan dan kerab terjadi bencana. 

"Agar masyarakat di daerahnya bisa mandiri dalam menghadapi bencana. Ketika terjadi bencana masyarakat kita telah siap untuk mengevakuasi diri sendiri dan cepat tanggap serta langka-langkah apa yang akan dilakukan saat terjadi bencana," sebut Kepala Dinas Sosial Emirda Sismawati pada Covesia.com Selasa (4/12/2018)

Menurutnya, langkah mendirikan kampung siaga bencana (KSB) didaerah tersebut, berhasil membawa dampak positif bagi masyarakat. Sehingga apabila terjadi bencana masyarakat telah siap menghadapinya dengan tidak panik.

"Sebenarnya kampung siaga bencana telah berdiri di tiga kecamatan di Pessel diantaranya, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Bayang Utara, dan Batangkapeh yang telah kita resmikan, dari tiga kampung dikecamatan itu. Mereka telah siap menghadapi bencana," jelasnya.

Lanjutnya, dari tiga kecamatan yang telah memiliki kampung siaga bencana tersebut. Sudah bisa menjadi lumbung sosial apabila terjadi bencana seperti langsung bisa memberikan bantuan logistik. Seperti, Dapur umum pasokan makanan, selimut dan yang dibutuhkan ketika bencana.

"Karena kita hanya dapat tiga kecamatan dari Kementrian Sosial. Untuk tahun depan kita akan mengupayakan lagi ke Provinsi menambah satu lagi di Kecamatan Lengayang. Sebab, kecamatan ini sangat sering terjadinya banjir, ini sangat perlu kita dirikan," tutupnya.

Reporter Pessel: Indrayen Putra


Berita Terkait

Baca Juga