Masyarakat Keluhkan Buruknya Jalan Mapattungul Selatan-Pasaman

Masyarakat Keluhkan Buruknya Jalan Mapattungul SelatanPasaman Buyung (35), pedagang tahu keliling yang sempat terjatuh di jalan pendakian Koto Panjang-Bangkok, Nagari Silayang, Kecamatan Mapattunggul Selatan, akibat jalan yang rusak di daerah itu beberap waktu yang lalu (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Masyarakat keluhkan buruknya kondisi jalan menuju ke salah satu kecamatan terpencil di Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat, yakni Mapattunggul Selatan, tepatnya dipendakian Koto Panjang-Bangkok, Nagari Silayang, Selasa (4/12/2018).

Bahkan untuk melintasi ruas jalan tersebut warga harus bertaruh nyawa berada diatas ketinggian perbukitan sekitar 150 mdpl. Salah sedikit saja, bisa-bisa kenderaan yang ditunggangi jatuh ke dasar jurang, nyawa pun jadi melayang.

Kondisi ruas jalan tersebut semakin menjadi sorotan. Karena, tidak sedikit warga ketika mengendarai kendaraannya,  baik roda dua atau pun roda empat terjerembab di jalan yang berkubang lumpur itu. 

Seperti yang pernah dialami Buyung (35), pedagang tahu keliling. Motor yang ia tunggangi pernah jungkir balik saat melintasi jalan berlumpur diatas bukit itu beberapa waktu lalu. Akibatnya, kata dia, seluruh barang dagangannya (Tahu) itu pun tumpah ke jalan berlumpur. 

"Motor saya jungkir balik. Seluruh tahu yang saya bawa tumpah. Saya rugi, karena tidak jadi berdagang ke Silayang," ungkap Buyung.

Lebih lanjut kata Buyung, jatuh terpental dari tunggangannya sudah menjadi hal yang biasa bagi warga yang lalu-lalang di ruas jalan itu. Demikian pula dengan kendaraan roda empat, sampai berhari-hari di lokasi tersebut karena mogok akibat kondisi jalan berlumpur.

"Kita berharap semua pihak jangan hanya menonton penderitaan kami ini. Karena puluhan ribu warga se Kecamatan Mapattunggul Selatan bergantung di akses jalan ini. Baik petani, anak-anak sekolah, maupun saat warga hendak berobat saat sakit. Kami sudah bosan dengan janji-janji politik yang tak kunjung ada realisasinya," tutupnya.

(eri/don)

Berita Terkait

Baca Juga