Puluhan Rumah di Palembayan Agam Terendam Banjir

Puluhan Rumah di Palembayan Agam Terendam Banjir Banjir rendam rumah warga di Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (1/12/2018)(Foto: BPBD)

Covesia.com -  Curah hujan tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah kabupaten Agam, provinsi Sumatera barat, Sabtu (1/12/2018) sore, berdampak kepada banjir di jorong Tapian Kandih, nagari Salareh Aia, kecamatan Palembayan. 

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, M Luthfie melalui Kabid KL, Wahyu Bestari mengatakan, setidaknya ada 40 rumah yang tergenang banjir di jorong Tapian Kandih dengan ketinggian air lebih kurang 1 Meter.

"Tim gabungan yang terdiri dari BPBD,  Koramil, Polsek, pemerintah kecamatan dan nagari sudah melalukan evakuasi warga, alhamdulillah semuanya selamat," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Dijelaskan Kabid KL, saat ini pihaknya masih belum mengetahui penyebab banjir, namun dugaan sementara, curah hujan yang tinggi mengakibatkan debit air tidak tertampung lagi di sungai Batang Mapan sehingga meluap ke pemukiman.

"Saat ini kita masih melakukan pendataan sementara itu debit air sudah mulai surut, rencananya esok hari tim akan  langsung melakukan pembersihan di sekitar pemukiman, dan mencari tau penyebab banjir," jelasnya.

Selain pemukiman, banjir  juga menggenangi jalan lintas  Agam - Pasaman serta merendam area perkebunan warga.

"Untuk sementara ini masyarakat yang terdampak banjir sudah diungsikan hingga kondisi dipastikan aman," tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga