Cegah Longsor, Penanaman Ratusan Batang Pohon Digalakan di Lubuk Sikaping

Cegah Longsor Penanaman Ratusan Batang Pohon Digalakan di Lubuk Sikaping Gerakkan penanaman ratusan pohon atau (reboisasi) yang dilakukan Kodim 0305/Pasaman dalam pencegahan terjadinya bencana tanah longsor (Foto: Heri Sumarno/Covesia)

Covesia.com - Cegah terjadinya bencan longsor di kawasan Lubuk Sikaping, Sumatera Barat, gerakkan penanaman ratusan batang pohon mulai dilakukan di kawasan tersebut.

Hal itu dicanangkan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0305/Pasaman melalui program penghijauan (reboisasi) di Jorong Delapan Koto Tangah, Nagari Persiapan Tanjung Beringin Selatan, Kecamatan Lubuk Sikaping, Jum'at (16/11/2018).

Dandim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdianto mengatakan program Reboisasi tersebut bertujuan untuk melestarikan alam sehingga terhindar dari bencana seperti longsor.

"Penanaman pohon (Reboisasi) terutama di wilayah teritorial Kodim 0305/Pasaman merupakan komitmen atau wujud nyata TNI untuk menjaga dan melestarikan alam. Sehingga alam sekitar ini dapat terpelihara dan terhindar dari bencana. Apalagi daerah Pasaman akhir-akhir ini sangat rawan terjadi longsor. Makanya lewat program ini bisa menanam kembali titik daerah yang gundul," terang Letkol Arh Pri Isdianto kepada Covesia di Lokasi.

Kata dia, program penghijauan tersebut sudah menjadi agenda rutin Kodim 0305/Pasaman yang ditanam setiap hari Jum'at secara bergilir disetiap Koramil se-Pasaman dan Pasaman Barat.

"Benar. Jadi kita berharap dengan lewat gerakan ini bisa mengajak selaligus memberikan contoh kepada masyarakat agar senantiasa ikut merasa bertanggung jawab sekaligus rasa memiliki terhadap lingkungan sekitarnya," harapnya.

Adapun kata dia, pohon yang ditanam sebanyak 145 batang dengan rincian yakni Pohon Manggis 105 batang, Pohon Pala 5 batang, Cengkeh 5 batang, dan Pohon Kemiri 30 Batang.

"Pohon yang kami tanam juga pohon yang menghasilkan buah. Agar pohon ini tidak lagi ditebang warga dan terawat. Kemudian buah dari pohon ini nantinya juga bisa menjadi salah satu sumber pendongkrak ekonomi masyarakat sekitar," tutupnya.

(Heri)

Berita Terkait

Baca Juga