Cuaca Ekstrim, BPBD Padang Pariaman Imbau Warga Waspadai Daerah Perbukitan dan Aliran Sungai

Cuaca Ekstrim BPBD Padang Pariaman Imbau Warga Waspadai Daerah Perbukitan dan Aliran Sungai Ilustrasi (Foto: Covesia)

Covesia.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Padang Pariaman mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kawasan aliran sungai dan perbukitan pada saat cuaca ekstrim yang melanda wilayah Padang Pariaman beberapa hari terakhir.

"Jika hujan deras dan angin kencang masyarakat lebih baik mencari tempat yang lebih aman," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Pariaman, Yendri, Selasa (13/11/2018).

Ia mengatakan, di wilayah Padang Pariaman cukup banyak daerah perbukitan yang menyebabkan longsor ketika curah hujan cukup tinggi. Tidak hanya itu, juga sering terjadi banjir dibeberapa titik seperti Ulakan, Sungai Limau.

Ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi sekitar, terutama bagi masyarakat yang bermukim dekat perbukitan rawan longsor dan disepanjang aliran sungai. 

Apalagi bagi yang bermukim dekat dengan bukit untuk menjauh jika terjadi hujan lebat dengan durasi lama, karena dikhawatirkan longsor akan terjadi tanpa diduga. 

Begitupun bagi yang bermukim di sepanjang aliran sungai mewaspadai banjir bandang, apalagi jika terjadi hujan lebat di hulu sungai. 

Ia menyampaikan agar segera menginformasikan jika ada bencana di sekitar daerah kepada Pusdalops PB BPBD di nomor telp 0751 681216 atau Radio HT dg frequensi 161.675 MHz / +5000 tone 123.00 dan via WA Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD dengan nomor 081374796031.

Sementara itu, terhitung sejak Januari sampai Oktober 2018 ada sebanyak 164 bencana melanda Padang Pariaman dengan total  kerugian yang dialami sekitar Rp14 miliar.

(rzi/utr)

Berita Terkait

Baca Juga