Pemkab Pasaman Salurkan Bantuan 1 Ton Beras untuk Korban Banjir

Pemkab Pasaman Salurkan Bantuan 1 Ton Beras untuk Korban Banjir Bantuan beras dari Pemkab Pasaman unutk korban banjir di daerah itu, Sabtu (10/11/2018)(Foto: Covesia/Heri)

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumbar menyalurkan bantuan beras sebanyak satu Ton untuk ratusan Korban Banjir di Kecamatan Rao Selatan. Penyerahan bantuan itu langsung dipimpin oleh Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama bersama seluruh SKPD setempat, Sabtu (10/11/2018).

"Pasaman kembali berduka. Kemarin ada satu warga di Lubuk Sikaping hanyut terbawa arus sungai saat menambang pasir. Alhamdulillah, tadi sekitar pukul 10.45 WIB sudah ditemukan. Kemarin bencana banjir luapan batanmg sumpur juga melanda di Jorong Kampung tujuh ini. Ratusan rumah warga terendam. Ini kondisi cuaca alam yang sedang musim hujan. Maka dari itu kami dari Pemkab Pasaman hari ini langsung turun untuk menyalurkan bantuan beras sebanyak 1 Ton dan uang tunai Rp1,5 juta," terang Wabup Atos Pratama.

Lebih lanjut kata Atos Pratama, pihaknya juga sudah menyiapkan Puskesmas terdekat bagi warga yang terkena dampak banjir untuk berobat jika ada yang sakit.

"Kepada Camat, Wali Nagari dan Jorong untuk memantau warga kita yang terkena dampak banjir kalau ada yang sakit bawa ke Puskesmas atau Bidan terdekat. Jangan sampai ada yang tidak terlayani. Anak-anak sekolah yang terkendala catat dan laporkan ke Dinas Pendidikan," tegas Atos.

Menurut Atos Pratama, keselamatan warga harus menjadi prioritas ditengah musibah banjir yang sedang melanda daerah tersebut.

"Maka dari itu kami imbau kepada warga untuk tetap waspada jika sewaktu-waktu banjir susulan datang. Sebab batang sumpur dipinggir kampung ini bisa saja meluap, meskipun disini tidak mengalami hujan yang deras. Karena jalur sungai ini merupakan kiriman dari Lubuk Sikaping," tukasnya.

Sementara Camat Rao Selatan, Khairul Ihsan mengatakan saat ini banjir masih menggenangi 153 rumah warga dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter.

"Ketinggian airnya bervariasi hingga mencapai 50 Centimeter. Ini sudah jauh surut dibanding hari kemaren. Saat ini yang masih terendam banjir yaitu Kampung Pancahan Baru 38 KK, Kampung Pisang 55 KK, Kampung Tanjung Alai 10 KK dan Tanjung Durian, Lansek Kadok 60 KK," katanya.

(eri)


Berita Terkait

Baca Juga