Tiga Wilayah di Agam Diterjang Longsor

Tiga Wilayah di Agam Diterjang Longsor Foto: Johan Utoyo

Covesia.com - Tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, beberapa waktu belakangan ini menyebabkan tiga  wilayah diterjang longsor, Kamis (8/11/2018).

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPBD) Agam, M luthfi menjelaskan, titik longsor pertama terjadi di jalan penghubung Bukittinggi – Palembayan, tepatnya di Jorong Pasa Palembayan, Nagari Ampek Koto Palembayan. 

Untuk di titik ini material tanah batu dan kayu menimbun badan jalan dengan panjang 20 meter dan ketinggian 15-20 meter yang  mengakibatkan arus lalu lintas macet total.

“Jalan penghubung Bukittinggi-Palembayan sementara waktu tidak bisa dilewati, jadi pengendara harus melalui jalan alternatif ke Palupuh melewati  Simpang Patai, "jelasnya.

Selanjutnya longsor juga terjadi di jalan lintas Bukittinggi - Pasaman, tepatnya di Jorong Haraban dan jorong Air Kijang, Nagari Nan Tujuah, Kecamatan Palupuh. Di daerah ini longsor terjadi di 7 titik dan menerjang 5 unit rumah warga, namun tidak mengakibatkan rusak berat.

Kemudian longsor juga  menghantam 1 unit rumah di Dusun Taratak, Jorong III Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung. Untuk di lokasi ini material perbukitan di sertai air bah menerjang rumah warga dan mengakibatkan rusak berat dan korban menderita ruka ringan akibat tertimpa puing-puing bangunan.

”Saat ini BPBD Agam bersama TNI, Polri, bersama pemerintah setempat sudah melakukan pembersihan, tidak ada korban jiwa dari 3 lokasi tersebut namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp 350 juta, “ terangnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga