Hari Terakhir Tes CPNS di Mentawai, Hanya 19 Peserta Berhasil Lewati Passing Grade

Hari Terakhir Tes CPNS di Mentawai Hanya 19 Peserta Berhasil Lewati Passing Grade Tes CPNS di Mentawai. Foto: Covesia/ Kornelia Septin Rahayu

Covesia.com - Selama delapan hari pelaksanaan tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) digelar di kantor KPSDM Kepulauan Mentawai, hanya 19 dari 1.508 peserta ujian yang berhasil melewati nilai ambang batas SKD CPNS sesuai Permen PAN RB No.37 Tahun 2018. Dari 19 orang tersebut, 9 orang ber-KTP Mentawai, 10 lagi dari luar Mentawai.

"Meskipun terkendala masalah teknis terkait gangguan server sejak Rabu lalu, namun bisa diatasi karena BKN melalui UPT Padang mengirim server cadangan,” kata Kepala Bidang Kepegawaian BKPSDM Mentawai Simbeksim Saleleubaja di ruang kerjanya, Selasa (6/11/2018).

Dia menyebutkan penyelenggaraan tes tersebut tetap berlangsung selama 90 menit meskipun jadwal antara sesi satu dan berikutnya  diundur.

Dari 26 peserta yang tidak mengikuti ujian, 2 orang tidak dapat hadir karena alasan melahirkan, selebihnya tanpa keterangan. 

“Berdasarkan informasi dari BKN, waktu pelaksanaan ujian SKD secara nasional diundur hingga 18 November 2018. Oleh sebab itu, pengumuman selanjutnya menunggu dari pusat,” ujar Simbeksim.

Ia menuturkan, panitia dan peserta CPNS merasa kecewa tidak lolos karena nilai mereka kurang sedikit di bawah batas.

“Rata-rata kena di TKP (Tes Karakteristik Pribadi), kurang 1 atau 2 poin lagi. Sementara harus mencapai nilai minimal 143. Meskipun kecewa, namun peserta tes CPNS tersebut cukup puas karena sistem CAT yang transparan,” kata Simbeksim.

Ke depan, Simbeksim berharap dengan adanya sistem penyeleksian yang dibangun oleh BKN, Pemerintah Mentawai bisa memperoleh tenaga ASN yang andal bekerja. 

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga