Masih Berpotensi Hujan Lebat, Warga di Daerah ini Diminta Waspada

Masih Berpotensi Hujan Lebat Warga di Daerah ini Diminta Waspada Ilustrasi sebaran awan hujan melalui pantauan satelit citra radar BMKG (Foto: BMKG)

Covesia.com - Intensitas curah hujan di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) meningkat tinggi dalam beberapa pekan terakhir. Kondisi tersebut diperkirakan akan berlanjut hingga satu Minggu depan serta masih berpotensi menimbulkan banjir.

Kepala Seksi Observasi dan informasi BMKG Minangkabau Padang Pariaman, Yudha Nugraha, menjelaskan bahwa berdasarkan data klimatologis, bulan Oktober termasuk ke dalam bulan dengan curah hujan yang tinggi.

"Kondisi Sumbar saat ini memang sedang mengalami tren peningkatan terjadinya curah hujan," ujar Yudha Nugraha saat dihubungi covesia.com, Jumat (12/10/2018).

Menurut Yudha, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi di beberapa wilayah Sumbar seperti wilayah Kepulauan Mentawai, Pesisir Barat dan Tengah Sumbar, serta di Pasaman dan Limapuluh Kota. 

"Daerah tersebut berpotensi terjadi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," sebutnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, mengingatkan masyarakat yang bertempat tinggal dipinggiran sungai dan bukit yang rawan terjadi longsor agar selalu waspada mengingat cuaca ekstrim yang melanda kawasan Sumbar beberapa hari yang lalu.

Selain itu, ia juga meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk segera membuat memorandum of understanding (MoU) untuk menanggulangi membantu daerah yang berdekatan jika mendapat bencana.

"Jika ada suatu daerah yang kena banjir akan dikeroyok bersama-sama. Alat berat akan dikerahkan ke daerah tersebut, seperti ketika terjadi banjir  di Solok," sebutnya.

(dil/don)


Berita Terkait

Baca Juga