Tiga Unit Rumah Hanyut Diterjang Banjir Pasaman

Tiga Unit Rumah Hanyut Diterjang Banjir Pasaman Kondisi rumah warga di Kumpulan, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, yang diterjang banjir, Jumat (12/10/2018) dini hari (Foto: Heri Sumarno/Covesia)

Covesia.com - Sebanyak tiga unit rumah warga hanyut terbawa arus banjir di Kumpulan, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Jum'at (12/10/2018) dini hari tadi. 

Kepala BPBD Pasaman, Masfet Kenedi mengatakan posisi ketiga rumah warga tersebut tepat dipinggir sungai Batang Masang Kumpulan. Sehingga dengan mudah terseret oleh arus banjir.

"Benar, tiga unit hanyut terbawa arus banjir dan puluhan rumah terendam banjir. Tetapi tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir tersebut. Korban banjir telah dievakuasi ke tempat yang aman. Namun kerugian materi yang diderita oleh korban mencapai ratusan juta rupiah," ujarnya.

Hingga saat ini kata Masfet, pihaknya bersama pemerintah Nagari masih merinci siapa saja nama korban yang rumahnya hanyut tersebut.

"Tim kami benar-benar sangat dihadapkan dengan sejumlah titik bencana yang terjadi dari kemaren di berbagai wilayah di Pasaman. Sehingga personil pun terbatas yang turun ke satu titik. Makanya saat ini kami bekerja sama dengan seluruh pemerintah Nagari dan Kejorongan untuk melakukan pendataan korban banjir ini. Apalagi korban yang rumahnya hanyut,"tambahnya.

Saat ini kata Masfet, korban sangat mengharapkan bantuan Dinas Sosial untuk mendirikan tenda pengungsian.

"Kita sedang komunikasikan dengan Dinsos Pasaman untuk mendirikan tenda pengungsian sebanyak 2 unit. Kemudian kita sudah meminta bantuan personil Satpol PP untuk membantu memindahakan barang warga yang kena dampak banjir," sebutnya.

Sebelumnya, banjir setinggi satu meter menghantam Kumpulan Kecamatan Bonjol sejak tadi malam. Puluhan rumah warga dilaporkan terendam akibat banjir tersebut. Banjir terjadi di Pasar Kumpulan, puluhan rumah terendam setinggi satu meter.

(Heri) 

Berita Terkait

Baca Juga