BPBD: Longsor di Goiso Oinan Mentawai, Perlu Adanya kebijakan Terkait Penambangan Batu

BPBD Longsor di Goiso Oinan Mentawai Perlu Adanya kebijakan Terkait Penambangan Batu BBPD Mentawai membersihkan jalan dari meterial longsor yang terjadi di desa goiso oinan, pada kamis (12/10/2018)(Foto: BPBD Mentawai)

Covesia.com – Tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari belakangan mengakibatkan terjadinya longsor di desa Goiso Oinan Kecamatan Sipora Utara, kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Beruntung, tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut.

“Kami mendapatkan informasi sekitar pukul 16.00 wib kamis (11/10/2018) terkait longsor di tikungan Goiso Oinan yang sempat menutup badan jalan dan langsung menuju lokasi membantu pembersihan akses jalan,” tutur Nurdin Kepala Pelaksana BPBD Mentawai, Jum'at (12/10/2018).

Nurdin katakan proses pembersihan longsor dengan mengerahkan dua unit alat berat  Arupadatu.

Hingga tadi malam, akses jalan sudah bisa dilewati pengendara motor dan mobil.

Seperti diketahui sebelumnya, desa Goiso Oinan rawan tertimpa longsor. Hal tersebut disebabkan karena penambangan batu kapur yang sering dilakukan oleh masyarakat sebagai sumber penghasilan.

“Seharusnya ada penegakan hukum atau kebijakan yang mengatur penambangan batu kapur tersebut. Kalaupun diizinkan, ada metodenya sehingga tidak menimbulkan korban jiwa ke depan,” harap Nurdin.

Semoga pemangku jabatan terkait yang berwenang  mengeluarkan kebijakan dalam hal penambangan batu tersebut dapat mengarahkan masyarakat agar lebih memperhatikan kondisi lingkungan dan keselamatan bersama. 

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu


Berita Terkait

Baca Juga