Banjir Bandang Rendam Kampung Labuhan Jurung di Pasaman

Banjir Bandang Rendam Kampung Labuhan Jurung di Pasaman Foto: Covesia/ Heri Sumarno

Covesia.com - Banjir bandang kembali melanda Kampung Labuhan Jurung, Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Pasaman akibat guyuran hujan lebat mulai sejak tadi malam hingga dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB, Kamis (11/10/2018).

Ketinggian banjir mulai dari 30 centimeter hingga satu meter tersebar didaerah tersebut. Belasan rumah warga ikut tergenang hingga puluhan hektare lahan pertanian rusak diterjang banjir.

Salah seorang warga setempat Hosni kepada covesia.com, mengatakan bencana banjir itu diakibatkan oleh meluapnya sungai Batang Sumpur yang ada dipinggi kampung Labuhan Jurung.

"Intensitas hujan tinggi sejak kemaren sore hingga dini hari tadi. Sehingga debit air sungai Batang Sumpur meningkat dan meluap ke permukiman warga,"terang Hosni.

Dengan kondisi itu kata Hosni, puluhan warga setempat terpaksa mengungsi dan mengamankan barang rumah tangga ketempat yang lebih aman.

"Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun rumah warga yang terendam banjir sekitar 15 unit. Belum lagi puluhan hektare lahan pertanian rusak berat diterjang banjir. Kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Saat ini warga masih berjaga-jaga dan mengungsi ketempat yang lebih aman," katanya.

Sementara akses transportasi dari arah Lundar menuju Tapus terganggu karena genangan banjir.

"Saat ini banjir masih terus menggenang perkampungan Labuhan Jurung. Kami berharap semua pihak baik pemerintah bisa melakukan penanganan dengan cepat ke sini," tutupnya.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga