Hujan Deras Kembali Guyur Pasaman, BPBD Imbau Warga Waspada Banjir Susulan

Hujan Deras Kembali Guyur Pasaman BPBD Imbau Warga Waspada Banjir Susulan Tampak rumah warga yang terendam banjir hari ini di Pasaman, Rabu (10/10/2018)(Foto:Istimewa)

Covesia.com - Hujan deras disertai petir dan angin kencang kembali mengguyur sejumlah daerah di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mulai sekitar pukul 18.10 WIB, Rabu (10/10/2018).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman, Masfed Kenedi mengimbau kepada seluruh warga didaerah tersebut untuk mewaspadai terjadinya bencana banjir susulan.

"Kepada semua warga kami imbau untuk waspada terjadinya banjir susulan, khususnya di wilayah yang sudah terkena banjir tadi malam seperti Panti, Rao, Rao Selatan, Rao Utara, dan Mapattunggul Selatan," kata Masfet.

Sebab kata Masfet, jika intensitas hujan deras tersebut masih berlangsung lama sangat memungkinkan adanya banjir susulan.

"Bagi warga yang sudah terkena dampak banjir, mengungsilah ketempat yang lebih aman. Ungsikan barang-barang berharga agar tidak mengalami kerugian yang lebih besar. Kemudian juga diwaspadai adanya longsor, dan kayu tumbang," katanya.

Lebih waspada kata Masfet, bagi warga yang bermukim disepanjang sungai Sumpu Panti hingga Rao.

Sebelumnya, banjir bandang melanda sejumlah daerah di Kecamatan Rao, Rao Utara, Rao Selatan, Mapattunggul Selatan dan Panti sejak tadi malam sekitar pukul 23.30 WIB, Selasa (09/10). Akibatnya, ratusan rumah warga dan ratusan hektare lahan pertanian rusak berat. Ditambah sejumlah fasilitas pemerintahan juga mengalami kerusakan.

Saat ini Tim BPBD bersama pemerintah di Nagari masih mendata total kerusakan yang diakibatkan oleh bencana banjir tersebut.

(eri/don)

Berita Terkait

Baca Juga