Genjot Ekonomi Masyaralat, BUMNag Lawang Kembangkan Pembuatan Suvenir

Genjot Ekonomi Masyaralat BUMNag Lawang Kembangkan Pembuatan Suvenir Foto: Johan Utoyo/covesia

Covesia.com - Demi menggenjot pariwisata dan ekonomi masyarakat, Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Lawang Sugar, Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembangkan pembuatan suvenir.

Salah seorang pengelola BUMNag Lawang Sugar A Dt Rajo Lelo mengatakan, pengembangan potensi seni yang tergabung dalam rumah kreatif itu mengembangkan kerajinan handicrah miniatur kilang tebu tradional, miniatur rumah gadang, rumah pohon, lukisan, kerajinan tangan jenis pahat dan lainnya.

Menurutnya, pengembangan produk di rumah kreatif sejalan dengan program pengembangan pariwisata di nagari Lawang.

"Objek wisata tidak terlepas dari kuliner khas, tentunya wisatawan akan membeli oleh-oleh untuk kenangan pernah berkunjung ke Lawang,“ ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Rabu (10/10/2018).

Rumah kreatif yang bertempat di Kampung Inggris, Nagari Lawang itu saat ini sudah memiliki 13 orang pengrajin dan sudah menghasilkan produk yang siap dipasarkan.

Menurutnya, banyak keuntungan yang diperoleh dalam pengembangan kerajinan rumah kreatif, selain modal yang dikeluarkan relatif kecil, bahan baku pembuatan suvenir juga bisa didapat di lingkungan sekitar dan hasil penjualan pun sangat menjanjikan.

“Saat ini rumah kreatif masih dalam masa pengembangan, untuk pemasaran suvenir dilakukan secara online, pemajangan di galeri milik anak nagari lawang serta  stand kerajinan tangan di kecamatan Matur,“ lanjutnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga