Banjir Pasaman, Belasan Sekolah Ikut Terendam

Banjir Pasaman Belasan Sekolah Ikut Terendam Tampak sekolah yang terendam banjir di Pasaman, Rabu (10/10/2018)(Foto: Covesia/ Heri Sumarno)

Covesia.com - Bencana banjir bandang di Pasaman juga merendam belasan sekolah SD dan SMP di Kabupaten Pasaman,Sumbar yang melanda sejak Selasa 9 Oktober 2018 sekitar pukul 23.30 WIB tengah malam tadi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pasaman, Ali Yusri mengatakan belasan sekolah tersebut tersebar di dua kecamatan yaitu Kecamatan Rao dan Rao Selatan.

"Benar, lebih dari 15 unit SD yang terendam banjir di dua kecamatan tersebut. Tetapi rincinya sedang dilakukan pendataan dilapangan. Karena tadi malam, ketinggian air di dalam gedung sekolah mencapai satu meter lebih. Sekarang mulai surut, namun dilingkungan sekolah tersebut masih menyisakan lumpur sisa banjir," kata Ali Yusri, Rabu (10/10/2018).

Lebih lanjut kata Ali Yusri, banjir tersebut mengahantam pondasi hingga menghanyutkan sebuah perpustakaan Sekolah Dasar.

"Pondasi perpustakaan SD 04 Padang Aro, Kecamatan Rao hanyut dihantam banjir. Begitu juga pondasi rumah guru juga hanyut," katanya.

Hingga saat ini kata Ali Yusri, gedung sekolah masih terendam banjir dan lumpur. Sehingga sejumlah sekolah terpaksa meliburkan muridnya, karena gedung sekolah tidak bisa dipakai.

Adapun data sementara yang berhasil dihimpun, banjir bandang itu melanda SDN 07 Kauman, SDN 11 Kampung Tujuh, SDN 05 Serasi dan SDN di Lubuk Layang. Kemudian SMPN 3 Tanjung Betung, SMPN 2 Lubuk Layang Kecamatan Rao Selatan, dan SMPN 4 Mapattunggul. Saat inimasih banyak sekolah yang belum terdata akibat dampak banjir.

(eri/don)

Berita Terkait

Baca Juga