Gubernur Sumbar Lantik Dua Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2018

Gubernur Sumbar Lantik Dua Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2018 Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Panjang dan Pariaman di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumbar, Selasa (9/10/2018)(Foto: Humas)

Covesia.com - Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno secara resmi melantik dua pasang kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2018. Pelantikan dilaksanakan di aula kantor Gubernur Sumbar, Selasa (9/10/2018).

Dalam pidatonya, Irwan Prayitno  berpesan kepada Walikota-Wakil Walikota Padang Panjang dan Pariaman 

Fadly Amran-Asrul dan Genius Umar -Mardison Mahyuddin agar segera merampungkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bersama DPRD tingkat II.

"Dalam waktu 6 bulan ke depan kepala daerah terpilih harus segera merampungkan RPJMD di daerah nya. Kemudian juga kepala daerah terpilih akan harus menetapkan potensi daerah masing-masing, sehingga bisa sejalan dengan perekonomian masyarakat setempat," ujar Irwan Prayitno.

Kata Irwan, meskipun Kota Padang Panjang wilayah teritorialnya kecil namun tidak tertutup kemungkinan ada berbagai macam persoalan yang dihadapi masyarakat, ini mestinya yang menjadi perioritas utama kepala daerah terpilih untuk menuntaskannya.

Selain itu, menurut Irwan, kepala daerah harus proaktif menyikapi setiap perubahan dalam peratuan pemerintahan, kalau tidak nantinya berisiko terhadap kepala daerah sendiri.

"Peraturan terus berubah, kepala daerah harus mempelajari aturan-aturan tersebut, misal kita telah menyiapkan siapa yang akan menjadi Sekda, kemudian sudah diumumkan. Tiba-tiba dalam aturan yang baru tidak begitu mekanismenya. Uang sudah keluar tentu ini menyalahi aturan," sebutnya.

Lebih lanjut, ia berharap kepada kepala daerah terpilih dan masyarakat agar kembali menjalin hubungan silaturrahmi dengan lawan politik. Meskipun potensi gesekan cukup kecil namun kepala daerah harus merangkul orang yang berseberangan dengannya saat Pilkada kemarin.

"Mari kita mulai membangun daerah secara bersama-sama, mudah mudahan potensi daerah yang ada bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

(dil/don)


Berita Terkait

Baca Juga