BPBD Bengkalis: Masyarakat Jangan Lakukan Pembakaran Lahan!

BPBD Bengkalis Masyarakat Jangan Lakukan Pembakaran Lahan Kantor BPBD-Damkar Kabupaten Bengkalis, Riau. (Foto: bengkaliskab.go.id)

Covesia.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengimbau kepada masyarakat Bengkalis untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

Kepala BPBD-Damkar, M Jalal melalui Kabid Damkar, Drs Suiswantoro di Bengkalis, mengatakan, masyarakat kembali diimbau untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran, baik saat membersihkan lahan atau membuka lahan perkebunan baru.

Dilansir covesia.com, Senin (19/1/2015) dari Antara, Dia mengatakan, saat ini angin utara, yang artinya, tipis kemungkinan akan turun hujan dalam waktu dekat, ditambah lagi hembusan angin cukup kencang.

"Kondisi cuaca seminggu terakhir cukup ekstrim, tidak hanya hembusan angin yang cukup kencang tetapi juga panas yang cukup menyengat," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, masyarakat Bengkalis dilarang melakukan pembakaran jika tidak ingin berhadapan dengan proses hukum.

"Sudah banyak saudara kita ditahan karena membakar lahan, jadi kembali kami ingatkan jangan sekali-kali melakukan pembakaran lahan dan hutan jika tidak mau dipenjara," ujarnya.

Selain itu katanya, sosialisasi dan peringatkan terus dilakukan, namun ada saja yang nekat mengambil jalan pintas membersihkan lahan dengan cara membakar.

"Kami menduga kebakaran lahan di sejumlah tempat itu disengaja. Mereka tidak pernah belajar dari kasus sebelum-sebelumnya, sudah puluhan orang yang diamankan aparat karena membakar lahan," katanya. (ant/cal)

Berita Terkait

Baca Juga