BNPB: Belum Ada Pengungsian, Gunung Soputan Kini Berstatus Siaga

BNPB Belum Ada Pengungsian Gunung Soputan Kini Berstatus Siaga Ilustrasi Gunung Soputan. (sumber foto: zonapetualang.com)

Covesia.com - Pascaletusan Gunung Soputan di Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (18/1/2015) sekitar pukul 11.38 WITA, aktivitasnya masih tinggi. Saat meletus, ketinggian asap letusan mencapai 4.000 meter dan condong ke arah barat daya. Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi melaporkan ke posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), teramati asap putih tebal tinggi setinggi 600 meter dari puncak Gunung Soputan.

"Letusan stromboli tinggi lebih kurang 500 meter dari puncak Gunung Soputan, material pijar tersebar di puncak Gunung Soputan. Teramati leleran lava dengan jarak luncur 500 meter dari puncak ke arah baratdaya," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nungroho melalui pesan blackberry massanger yang diterima covesia.com, Minggu (18/1/2015).

Dari seismisitas, lanjut Sutopo, terpantau 46 kali gempa vulkanik dalam, 21 gempa vulkanik dangkal, 53 kali gempa hembusan, 21 gempa guguran, dan tremor menerus. Tingkat aktivitas kegempaan vulkanik Gunung Soputan masih tinggi. Status Gunung Soputan tetap Siaga (Level III).

Rekomendasi masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 6,5 kilometer dari puncak. "Belum perlu ada pengungsian karena permukiman terdekat berada di radius 8 km. Masyarakat tetap melaksanakan aktivitas secara normal," tandasnya. (hat/cal)

Berita Terkait

Baca Juga