7 Fakta Menarik dari Sosok Jusuf Kalla, Ada yang Belum Anda Ketahui

7 Fakta Menarik dari Sosok Jusuf Kalla Ada yang Belum Anda Ketahui Jusuf Kalla

Covesia.com - Sebagai politisi senior, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla sudah dikenal luas. Sosok pria sederhana kelahiran Makassar ini adalah wakil presiden Indonesia ke-10 dan ke-12.

Jusuf Kalla pernah menemani dua presiden Indonesia untuk membangun negeri kita menjadi lebih baik. Jasa beliau sebagai seorang wakil presiden masih terasa hingga saat ini.

Selain dua kali menjadi wakil presiden, JK juga dikenal piawai dalam berbisnis. Beliau merupakan sosok suksesnya di beberapa perusahaan.

Jusuf Kalla juga memiliki banyak fakta yang menarik untuk diketahui. Apa saja itu? Berikut ini adalah deretan fakta menarik dari wakil presiden Jusuf Kalla, dirangkum covesia.com dari berbagai sumber :

1. Banyak mendapat penghargaan doktor honoris causa

Bagi anda yang belum tahu penghargaan doktor honoris causa merupakan penghargaan gelar kesarjanaan dari sebuah perguruan tinggi atau universitas kepada seseorang yang memenuhi syarat tanpa menempuh proses atau lulus pendidikan yang sesuai.

Untuk gelarnya sendiri antara lain doktor honoris causa dari Universitas Hasanuddin, doktor honoris causa bidang perdamaian dari Universitas Syiah Kuala, doktor honoris causa bidang pemikiran ekonomi dan bisnis dari Universitas Brawijaya, dan lain-lain.

2. Pengusaha yang sukses

Putra pasangan Hadji Kalla dan Hajjah Athirah ini sebelum terjun ke politik dikenal luas oleh dunia usaha sebagai pengusaha sukses.

Usaha-usaha yang dirintis ayahnya, NV. Hadji Kalla, diserahkan kepemimpinannya sesaat setelah ia diwisuda menjadi Sarjana Ekonomi di Universitas Hasanuddin Makassar Akhir Tahun 1967. Di samping menjadi Managing Director NV. Hadji Kalla, juga menjadi Direktur Utama PT Bumi Karsa dan PT Bukaka Teknik Utama.

Usaha yang digelutinya, di samping usaha lama, ekspor hasil bumi, dikembangkan usaha yang penuh idealisme, yakni pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, jembatan, dan irigasi guna mendorong produktivitas masyarakat pertanian.

Anak perusahaan NV. Hadji Kalla antara lain; PT Bumi Karsa (bidang konstruksi) dikenal sebagai kontraktor pembangunan jalan raya trans Sulawesi, irigasi di Sulsel, dan Sultra, jembatan-jembatan, dan lain-lain.

PT Bukaka Teknik Utama didirikan untuk rekayasa industri dan dikenal sebagai pelopor pabrik Aspal Mixing Plant (AMP) dan gangway (garbarata) di Bandara, dan sejumlah anak perusahaan di bidang perumahan (real estate); transportasi, agrobisnis dan agroindustri.

3. Pencetus nama mobil 'Kijang'

Siapa yang tidak mengenal mobil produksi Toyota yang bernama Kijang? Mobil yang populer di tahun 80an ini menjadi idola di Indonesia.

Tapi tahukah anda kenapa mobil yang diproduksi Toyota ini diberi nama Kijang? Kijang adalah singkatan dari Kerja sama Indonesia Jepang.

Dan pencetus nama Kijang tersebut adalah Jusuf Kalla yang kini menjabat menjadi Wakil Presiden Indonesia.

Dikutip dari tulisan Gugun Gunanto di Kompasiana.com, asal-usul nama “Kijang” ia ketahui saat mengunjungi museum Astra beberapa tahun silam. Semua orang tentu tahu hubungan antara Astra dengan Toyota, sebagai produsen sekaligus distributor kendaraan bermotor di Indonesia.

Saat berkeliling, Gugun mendapati sebuah Toyota pick-up lawas berwarna kuning dengan kaca jendela hanya berupa plastik transparan. Tak jauh dari situ, ia juga menemukan sebuah foto di mana nampak sosok mirip Jusuf Kalla muda, Wakil Presiden RI aktif di antara beberapa orang lainnya.

Gugun kemudian mendapatkan penjelasan dari staff museum bahwa mobil  pick-up yang tadi ia lihat adalah Kijang seri pertama yang rilis di Indonesia. Soal sosok mirip Jusuf Kalla muda, staff tersebut membenarkan bahwa Wakil Presiden RI aktif itu memang benar-benar ada di sana, di acara gathering distributor Toyota seluruh Indonesia. Beliau jugalah yang mencetuskan nama Kijang, dan disetujui oleh sebagian besar hadirin.

Wah, Siapa sangka nama mobil Toyota Kijang yang legendaris itu adalah ciptaan Jusuf Kalla.

4. Wakil presiden pertama yang terpilih dua kali masa jabatan

Di tahun 2014, Jusuf Kalla terpilih sebagai calon wakil presiden Indonesia mendampingi Joko Widodo atau Jokowi yang maju sebagai kandidat calon Presiden Indonesia yang diusung oleh Partai PDI Perjuangan.

Dengan tagline unik "salam dua jari” bersama presiden Joko Widodo, Jusuf Kalla berhasil memenangkan pemilihan presiden dan wakil presiden perioder 2014-2019. 

Dengan kemenangan ini membuat Jusuf Kalla sebagai wakil presiden pertama yang menjabat selama 2 kali masa jabatan dalam sejarah Indonesia. Untuk masa jabatan pertama didampingi oleh presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono pada periode 2004-2009.

5. Bidang pendidikan

Di bidang pendidikan, Jusuf Kalla menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Hadji Kalla yang mewadahi TK, SD, SLTP, SLTA Athirah, Ketua Yayasan Pendidikan Al-Ghazali, Universitas Islam Makassar.

Selain itu, ia menjabat Ketua Dewan Penyantun (Trustee) pada beberapa universitas, seperti Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar; Institut Pertanian Bogor (IPB); Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar; Universitas Negeri Makassar (UNM), Ketua Dewan Pembina Yayasan Wakaf Paramadina; Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNHAS.

6. Dikalangan ulama dan pemuka masyarakat

Di kalangan ulama dan pemuka masyarakat, nama Jusuf Kalla dikenal sebagai Mustasyar Nahdhatul Ulama Wilayah Sulawesi Selatan, melanjutkan tugas-tugas dan tanggung jawab ayahnya, Hadji Kalla, yang sepanjang hidupnya menjadi bendahara NU Sulsel juga menjadi bendahara Masjid Raya, Masjid Besar yang bersejarah di Makassar.

Ketika akan membangun masjid bersama Alm. Jenderal M. Jusuf, Jusuf Kalla dipilih menjadi Ketua Yayasan Badan Wakaf Masjid Al-Markaz al-Islami (Masjid Jend. M. Jusuf).

Sekarang, Masjid tersebut menjadi Masjid termegah di Indonesia Timur. Di kalangan agama-agama lain selain Islam, Jusuf Kalla dipilih menjadi Ketua Forum Antar-Agama Sulsel.

Penggemar olah raga golf ini, selama sepuluh tahun (1980-1990) menjadi Ketua Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) dan Pemilik Club Sepak Bola Makassar Utama (MU) tahun 1985-1992.

7. Kehidupan pribadi

H. M. Jusuf Kalla yang menikah dengan Hajjah Mufidah Jusuf telah dikaruniai satu putra dan empat putri serta dikaruniai sembilan cucu.

JK dikenal sosok kakek yang sayang dengan keluarga, apalagi dengan cucunya. Hal tersebut terlihat dalam video viral saat JK joget bareng dengan cucunya tersebut.

(sea)

Baca juga: Kocak, Video Aksi Wapres JK Joget Bareng Cucu Viral di Media Sosial

Berita Terkait

Baca Juga