BPBD: 32 Rumah Terdampak Akibat Banjir di Sungai Buluah Agam

BPBD 32 Rumah Terdampak Akibat Banjir di Sungai Buluah Agam Rumah warga yang terdampak banjir di Sungai Buluh, kabupaten Agam, Minggu (23/9/2018)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Akibat hujan deras yang melanda jorong Sungai Buluah, nagari Cingkariang, kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, mengakibatkan 32 rumah terdampak banjir. 

"Setidaknya ada 32 rumah warga yang terdampak banjir dan digenangi air," kata Kabid KL BPBD Kab. Agam Wahyu Bestari kepada covesia.com, Minggu malam (23/9/2018).

Ia menyebutkan 12 rumah warga masih digenangi air karena berada pada posisi rendah dari jalan. 

"Banjir terjadi ketika hujan deras yang melanda kawasan tersebut sekitar pukul 16.15 WIB," sebutnya. 

Ia menjelaskan banjir diakibatkan tingginya debit air yang berasal dari kaki gunung singalang yang mengalir melalui air banda potong. 

"Sehingga air bandar meluap mengenagi sejumlah rumah warga ditambah lagi adanya penyempitan bandar dikarenakan adanya bangunan," jelasnya. 

Banjir juga Akibatkan Satu Unit Mobil Terperosok

Tidak hanyak puluhan rumah warga yang terendam, namun akibat banjir di Sungai Buluh juga sebabkan satu unit mobil terperosok.

Menurut keterangan warga setempat mobil pick up berwarna putih yang tengah terparkir tersebut terperosok ketika hujan deras yang membanjiri lokasi. 

"Karena debit air tinggi mungkin tanah jadi lunak sehingga mobil tersebut terperosok," kata Anton, salah satu warga yang rumahnya ikut terendam banjir.

Disamping itu Anton juga menjelaskan ketika banjir mengenangi kawasan tersebut tiba-tiba debit air selokan sudah tinggi dan mengenangi sejumlah rumah warga dan kios-kios di lokasi. 

"Ketika hujan saya sedang dalam rumah, tiba-tiba air sudah masuk rumah dan mengenangi isi dalam rumah, "sebutnya saat menceritakan kejadian. 

Ia juga menyebutkan setiap hujan deras daerah tersebut memang sering banjir. Namun ini banjir yang terparah yang pernah terjadi.

(deb/don) 

Berita Terkait

Baca Juga