Tim Gabungan Amankan 60 Kubik Kayu Ilegal di Pessel

Tim Gabungan Amankan 60 Kubik Kayu Ilegal di Pessel Foto: Indra Yen

Covesia.com - Sebanyak 60 kubik kayu dari hasil penebangan ilegal di kawasan hutan lindung di Kenagarian Tapan, Pesisir Selatan amankan oleh Tim Gabungan, Selasa (18/9/2018).

Kepala UPTD KPHP Pesisir Selatan, Mardianto mengatakan, operasi gabungan ini dilakukan bersama dengan KPHP Provinsi Sumbar, Polri, TNI, dan Satpol PP Sumbar.

Menurutnya, sebelum penindakan, upaya pengintaian dilakukan, karena kecurigaan saat melakukan pengawasan lahan yang terbakar di daerah itu yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Kami beserta tim gabungan curiga adanya unsur kegiatan legal loging di daerah itu. Sebab, ada beberapa alat berat yang kita curigai. Setelah itu kami melakukan pengintaian ternyata memang ada aktivitas legal login,"ungkapnya pada awak media Rabu, (19/9/2018).

Sementara Kepala Bidang KSDAE dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat Mgosenatum  menyatakan pelaku dari aktivitas ilegal logging itu belum berhasil ditangkap karena melarikan diri.

"Saat itu pelaku tengah melakukan proses memuat kayu dalam sebuah mobil dan pelaku yang tengah bekerja berhasil melarikan diri karna kondisi cuaca pada hari itu hujan lebat," jelasnya.

Kanit Tipiter Polres Pessel Abda Ihsan Anshari mengatakan, pengamanan 60 kubik kayu tersebut merupakan skala terbesar selama operasi gabungan yang dilaksakan di wilayah Pesisir Selatan.

"Memang penangkapan kali ini jumlah terbesar sepanjang operasi yabg kami lakukan. Kegiatan ini melanggar UUD No.18 Tahun 2013 tentang Pencegahan Pengrusakan Hutan dengan ancaman kurungan minimal 8 bulan penjara," jelasnya.

Kontributor Pessel: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga